Menu

Pemilik Pergi ke Kebun, Rumah Tua Ludes Terbakar di Jorong Pandam, Nagari Sariak, Kecamatan Sungaipua, Kabupaten Agam

  Dibaca : 160 kali
Pemilik Pergi ke Kebun, Rumah Tua Ludes Terbakar di Jorong Pandam, Nagari Sariak, Kecamatan Sungaipua, Kabupaten Agam
KEBAKARAN— Rumah tua di Jorong Pandam, Nagari Sariak, Kabupaten Agam mengalami kebakaran.

AGAM,METRO–Rumah tua semi permanen yang usianya sudah puluhan tahun di Jorong Pandam, Nagari Sariak, Kecamatan Sungaipua, Kabupaten Agam, mengalami kebakaran, Senin (23/8) sekitar pukul 08.15 WIB. Sontak saja, kebakaran itu membuat warga setempat panik.

Apalagi, lokasi kebakaran merupakan padat permukiman, sehingga membuat warga khawatir api menyambar bangunan lain. Warga pun berusaha memadamkan api yang membakar rumah milik Adek Sutan Pangeran (50) suku Sikumbang tersebut menggunakan alat seadanya.

Namun, upaya warga memadamkan api tak membuahkan hasil. Api terus membesar dan menyebar ke seluruh bangunan. Tak lama berselang, dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Kota Bukittinggi dan dua unit dari Padang panjang tiba di lokasi dan langsung melakukan penyemprotan air hingga api berhasil dipadamkan.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, kebakaran itu meludeskan seluruh barang-barang berharga maupun perabotan yang ada di dalam rumah. Ditaksir, pemilik rumah mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah akibat kebakaran tersebut.

Camat Sungai Pua Syafrizal, membenarkan peristiwa kebakaran itu. Menurutnya, kebakaran itu diketahui pertama kali oleh warga yang kebetulan melintas dan melihat gumpalan asap hitam bercampur api di rumah tersebut.

“Mengetahui adanya kebakaran, warga itu berteriak kalau telah terjadi kebakaran sehingga warga berbondong-bondong datang ke lokasi lalu dilaporkan kepada pihak Damkar Agam,” ungkap Syafrizal.

Dijelaskan Syafrizal, lantaran lokasinya dekat dengan Bukittinggi dan Padangpanjang, empat unit mobil pemadam dikerahkan dari dua daerah itu dan api berhasil dipadamkan berselang satu jam proses pemadaman.

“Kondisi rumah tersebut sudah sudah tua dan material bangunannya dari kayu. Makanya api dengan cepat membesar dan membakar bangunan tersebut. Kuat dugaan api berasal dari arus pendek. Saat kebakaran terjadi, pemilik rumah berasama istrinya sedang pergi ke kebunnya,” katanya.

Terpisah, Kabid Damkar Bukittinggi, Susilo mengatakan kebakaran menghanguskan bangunan tua yang ukuran 15 x 11 meter itu dan sempat membuat heboh warga sekitar.  Rumah itu diketahui milik Adek Sutan Pangeran usia 50 tahun dengan bahan bangunan mayoritas dari kayu.

”Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu namun kerugian ditaksir mencapai Rp365 juta. Penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam proses penyidikan pihak kepolisian,” pungkasnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional