Close

Pemilihan Wawako Padang Jalan di Tempat

PRD Kota Padang menginginkan kursi Wakil Wali Kota Padang yang masih kosong agar segera terisi untuk bisa mengatasi permasalahan di daerah ini.

DPRD Kota Padang meng­inginkan kursi Wakil Wali Kota Padang yang masih kosong agar segera terisi untuk bisa mengatasi permasalahan di daerah ini. Ketua DPRD Padang Syafrial Kani berharap kedua partai pengusung secepatnya mengusulkan nama ke DPRD Padang.

Menurutnya, persoalan saat ini terletak di par­tai masing-masing yakni PAN dan PKS yang sam­pai hari ini masih belum me­ngusulkan na­ma calonnya ke DPRD Pa­dang. Sehingga proses pe­mi­lihan Wakil Wa­li Kota belum bisa terlaksana.

Ia mengatakan, meski su­dah ada dua kandidat yang diusulkan oleh masing-masing partai, namun hal itu belum resmi dan baru sebatas di­umumkan kepada publik dan media massa. Mekanisme pe­milihan Wakil Wali Kota di DPRD Padang dilaksanakan berdasarkan tata tertib yang sudah ada.

“Secara umumnya nanti nama calon akan diusulkan oleh partai pengusung kepada Wali Kota Padang terlebih dahulu, setelah itu barulah disampaikan ke DPRD Padang,” katanya, Jumat (17/9).

Setelah itu, DPRD Padang akan segera membentuk pa­nitia pemilihan, dengan satu orang akan mewakili satu fraksi. Ia mengatakan partai yang berhak mengusulkan nama calon Wakil Wali Kota adalah dari PAN dan PKS, sedangkan partai lainnya tidak berhak mengusulkan nama calonnya karena telah diatur dalam undang-undang.

Berdasarkan aturan yang ada untuk memilih Wawako Padang diusulkan dua nama dari partai pengusung. Dua nama dari PAN yang di­re­ko­mendasikan adalah Amril Amin, saat ini Wakil Ketua DPRD Padang, dan Ekos Albar saat ini menjabat sebagai Wakil Ben­dahara Umum DPP PAN.

Sedangkan dari PKS, dua nama yang direkomendasikan adalah Mulyadi Muslim saat ini menjabat Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, dan Muharlion Ketua DPTD PKS Kota Padang. Ba­gaimana wakil rakyat me­nanggapi persoalan ini. Ba­gaimana wakil rakyat me­nang­gapi persoalan ini. Berikut uraian­nya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top