Menu

Pemilihan Rektor Unand, Tiga Kandidat Raih Suara Tertinggi

  Dibaca : 113 kali
Pemilihan Rektor Unand, Tiga Kandidat Raih Suara Tertinggi
VISI MISI— Suasana penyampaian visi misi calon rektor Unand periode 2019-2023 di Convention Hall, Unand Selasa (14/5). (heru chandriko/posmetro )

LIMAUMANIH, METRO – Sebanyak delapan calon Rektor Unand periode 2019-2023 memaparkan visi misi dan program kerja pada rapat senat terbuka di Convention Hall Unand, Selasa (14/5). Hadir anggota senat, perwakilan Kementerian Riset Dikti, tenaga kependidikan dan perwakilan mahasiswa.

Dari delapan calon, tiga nama sudah keluar untuk mengikuti tahap selanjutnya melalui proses pemilihan suara dengan peserta 73 anggota senat. Nama-nama tersebut yakni Tafdil Husni, Yuliandri, dan Hairul Abral.

“Mengacu kepada peraturan Senat Unand tentang Tata Cara Pemilihan Rektor, sebelumnya delapan kandidat tersebut diberi waktu selama 15 menit untuk menyampaikan visi misi dan kemudian dilakukan tanya jawab,” kata Ketua Senat Akademik Unand, Werry Darta Taifur.

Hasil pemilihan calon rektor Unand periode 2019-2023, harus melalui pemungutan suara oleh anggota senat. Rektor petahana, Tafdil Husni mendapatkan perolehan suara terbanyak, 24 suara dan Yuliandri (21 suara).

Sementara, Hairul Abral mesti sudah dipastikan melanjutkan ke tahap selanjutnya, sebelumnya ia harus melakukan pemungutan suara ulang. Ini lantaran perolehan suaranya sebelum itu berjumlah 7 suara, bersamaan dengan Novesar Jamarun.

“Ya sesuai aturan, penjaringan tahap ini adalah memilih tiga orang dari delapan orang calon. Hasilnya baru terpilih untuk satu dan dua, karena peringkat tiga ada dua orang, jadi dilakukan pemilihan ulang, dan alhasil Hairul Abral unggul dalam pemilihan ulang dengan perolehan 45 suara dari 71 anggota senat,” katanya.

Untuk pemilihan ulang ungkapnya, sebanyak 71 Anggota Senat kembali memberikan suaranya kepada Hairul Abral dan Novesar Jamarun. Alhasil melalui pemilihan suara ulang tersebut, Hairul keluar sebagai kandidat dengan 45 suara, dan Novesar 25 suara. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional