Menu

Pemerintah Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Gelar Pelatihan Bengkel Las

  Dibaca : 74 kali
Pemerintah Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Gelar Pelatihan Bengkel Las
Meningkatkan kapasitas dan ketrampilan masyarakat, Pemerintah Nagari Kampuang Galapuang Ulakan, kemarin, menyelenggarakan pelatihan bengkel las bagi masyarakat khususnya generasi muda dan anak-anak yang putus sekolah.

PADANGPARIAMAN, METRO–Meningkatkan kapasitas dan ketrampilan masya­rakat, Pemerintah Nagari Kampuang Galapuang Ulakan, kemarin,  menyelenggarakan pelatihan bengkel las bagi masyarakat khususnya generasi muda dan anak-anak yang putus sekolah.

Pelatihan bengkel las yang dilaksanakan selama 16 hari ini, dibuka secara resmi oleh Kelapa Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Padang­pariaman Dewi Roslaini.

Terlihat hadir dalam acara pembukaan, Wali Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan Ali Waldana, ST. Ketua Bamus Syamsuar Ibrahim , Sekretaris Nagari Sasta Kastari serta 4 orang instruktur dan narasumber.

Pelatihan yang diikuti oleh 12 orang peserta itu, akan dibimbing oleh 2 orang narasumber teknis dari BLK Padangpariaman.

Kemudian, 1 orang narasumber soft skill dari lembaga trainer profesional dan 1 orang narasumber pemberdayaan dari DPMD Kabupaten Padang­pariaman.

Dewi Roslaini mengatakan. Dengan adanya pelatihan bengkel las ini, diharapkan dapat melahirkan SDM yang handal dan tangguh serta dapat mencip­takan lapangan pekerjaan.

Sehingga, nantinya dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Nagari Kampung Gelapuang Ulakan.

Senada dengan itu, Wali Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan Ali Waldana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Padang­paria­man, khususnya Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat terutama dalam peningkatan kapasitas dan ketrampilan.

“Program ini sesuai dengan salah satu visi dan misi Wali Nagari, yaitu menciptakan dan menumbuh kembangkan perekonomian berbasis potensi ma­syarakat Nagari. Karena itu, tahun 2021 ini Pe­merintah Nagari sudah menganggarkan 4 pelatihan sekaligus. Diantaranya adalah, Pelatihan bengkel las, Pelatihan pembuatan VCO, Pelatihan pembuatan pakan ternak alternatif(selase dan fermentasi) dan Pelatihan pembibitan tanaman hultikultura,” ujar Ali Waldana.

Ali Waldana mengharapkan, semua pelatihan ini tentunya sesuai dengan konsep yang telah diren­canakan. Dimana, kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan, diharapkan adanya keberlanjutan dan kesinambungan dari program pelatihan tersebut. Dalam hal ini, Pemerintah Nagari Kampung Gelapuang Ulakan akan menyiapkan konsep keberlanjutannya bersama BUMNag Gelapung Mekar.

“Dari 4 pelatihan yang telah direncanakan tahun ini, diharapkan bisa menjadi embrio unit usaha dari BUMNag kedepannya. Sehingga upaya pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid-19 dapat diwujudkan. Mudah mudahan apa yg telah direncanakan ini tercapai secara optimal dan di ridhoi Allah SWT,” ujar Wali Nagari mengakhiri (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional