Menu

Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Operasikan Sistem Informasi Gempa dan Tsunami Terkini dari BMKG

  Dibaca : 72 kali
Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Operasikan Sistem Informasi Gempa dan Tsunami Terkini dari BMKG
BERBINCANG— Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berbincang dengan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Rumah Sehat Covid-19 di Kampus II FIK UNP, melalui video call.

PDG.PARIAMAN, METRO–Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman,  mulai me­ngoperasikan sistem infor­masi gempa dan tsunami yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia secara terkini yakni Warning Recever Sistem (W­RS) dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BM­KG) untuk percepatan pe­nang­gulangan bencana. “W­RS ini merupakan generasi terbaru untuk menginfor­masi­kan terkait gempa dan tsunami dengan cepat dari BMKG, jadi lebih canggih dari sebe­lumnya,” kata Kepala Pelak­sana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padangpariaman Budi Mulya  kemarin.

Dikatakan, dengan alat dari BMKG tersebut maka pihak­nya dapat segera menginfor­masikan terkait potensi tsunami kepada warga di daerah itu agar dapat cepat menge­vakuasi diri.

Ia menyampaikan alat ter­sebut dibutuhkan Padang Pa­ria­man karena daerah itu berhadapan langsung dengan patahan megathrust Men­tawai sehingga informasi ter­kait potensi tsunami harus cepat disebarkan kepada war­ga. “Asalkan ada gempa di­sam­paikan melalui alat ini, bahkan magnitudo juga diin­formasikan sedangkan magni­tudo 5 ke atas sirenenya akan berbunyi,” katanya.

Budi mengatakan alat ter­sebut tiba di Padang Pariaman secara bertahap hingga akhir­nya semua komponen sampai dan dipasang serta diope­rasikan pada Kamis (15/7).

Ia menyampaikan WRS tersebut menambah se­ma­ngat pihaknya untuk meme­riksa dan menjaga kesiapan alat pendeteksi peringatan dini tsunami yang dipasang di sejumlah lokasi di pesisir Padang Pariaman. “Mes­kipun dengan alat ini kami hanya menunggu informasi karena operatornya dari BMKG na­mun hal ini dapat membantu pihaknya,” ujar­nya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional