Menu

Pemerintah harus Perhatikan Nasib Veteran

  Dibaca : 94 kali
Pemerintah harus Perhatikan Nasib Veteran
FOTO BERSAMA— Ketua LVRI Sumbar Kolonel TNI (Purn) Amir Syarifuddin, Ketua PPM Sumbar Wahyu Iramana Putra, Kepala Kanminvet I/27 Padang Mayor TNI (Armed) Bambang Hendratno, foto bersama usai kegiatan Hari Veteran dan HUT RI ke-76, Senin (9/8).

VETERAN, METRO–Pemerintah diminta lebih memberikan peng­hargaan yang layak kepada para veteran yang telah berjasa memperjuangkan bangsa Indonesia di masa lalu.

Hal itu dikatakan Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Suma­tera Barat Kolonel TNI (Purn) Amir Syarifuddin, Senin (9/8) terkait Hari Veteran dan menyongsong HUT RI ke-76.

“Saya berharap peme­rin­tah senantiasa konsisten untuk memberikan peng­hor­matan yang pantas ter­hadap para veteran,” ujar Amir Syarifuddin, didam­pingi Ketua Pemuda Panca Marga Sumbar Wahyu Ira­mana Putra dan Kepala Kan­minvet I/27 Padang Ma­yor TNI (Armed) Bam­bang Hendratno.

Menurutnya, saat ini me­mang pemerintah su­dah mulai memperhatikan nasib para veteran dengan memberikan penghargaan baik berupa uang maupun kebanggaan.

“Bagi veteran yang su­dah diakui negara, sudah ada tunjangan dari negara. Hal itu sudah dimulai sejak Presiden SBY dan pada masa Presiden Jokowi kam­bali ditingkatkan 25 per­sen,” jelasnya.

Dikatakan, kenapa ne­gara perlu hadir membe­ri­kan penghargaan kepada para veteran ini, karena merekalah yang mem­per­juangkan adanya negara ini dan memper­tahankan­nya dari tangan penjajah bangsa asing.

“Mereka rela berjuang dan berkorban darah bah­kan nyawa untuk memer­dekakan negara ini. Ten­tunya hal itu perlu men­dapat perhatian yang layak dar negara,” katanya.

Selain itu, ia berharap hendaknya harus ada pe­wa­risan jiwa dan se­ma­ngan nilai-nilai 45 kepada generasi muda yakni me­numbuhkan rasa cinta ta­nah air, sanggup ber­kor­ban untuk tanah air serta sadar dalam berbangsa dan bernegara.

Ketua PPM Sumbar, Wahyu Iramana Putra me­nga­takan saat ini ternyata ma­sih banyak veteran yang belum tersentuh oleh pemerintah, bahkan ba­nyak yang hidup pas-pasan bahkan dibawah garis ke­mis­kinan.

“Baru saja kami me­ne­mukan ada veteran yang tinggal jauh di kaki hutan, dengan jalan yang tidak layak tempuh dan tinggal sendirian. Ini tentu perlu segera menjadi per­hatian kita semua,” kata­nya.

Menurutnya, PPM se­ba­gai anak dari pejuang ve­teran selalu siap mem­bantu pemerintah dalam mendata dan mencari para veteran yang belum ter­jang­kau tersebut sehingga bisa mendapat perhatian pemerintah. “Sebagai anak pejuang, wajib menghargai orang tua kami para veteran itu,” katanya.

Makanya dalam rangka Hari Veteran, pihaknya akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam menyukseskan hari ulang tahun veteran itu.

Sementara, Mayor Bam­bang Hendratno me­nya­takan saat ini pihaknya terus melakukan pen­da­taan terhadap keberadaan para veteran. “Syaratnya maksimal kelahiran 1936 dan ada dua orang saksi,” katanya. Saat ini di Padang, terdata sebanyak 109 orang veteran. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional