Menu

Pemerintah Akan Impor Tabung Oksigen

  Dibaca : 75 kali
Pemerintah Akan Impor Tabung Oksigen
Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA, METRO–Menteri Kesehatan (Men­kes) Budi Gunadi Sadi­kin mengaku sudah ber­koordinasi dengan Ke­men­terian Perindustrian terkait ketersediaan oksigen da­lam negeri.

Budi menyebutkan da­lam rapat bersama Komisi IX DPR RI, dia menjelaskan sebanyak 458.000 ton oksi­gen produksi dalam negeri digunakan untuk keperluan industri. Jumlah ini men­capai 75 persen dari total 570.000 ton per tahun. Sisa­nya sebanyak 181.000 ton digunakan untuk keperluan medis.

Dia menjelaskan dari jumlah 458.000 ton oksigen industri itu, sebanyak 90 persen akan dialihkan ke oksigen medis. “Sekitar 570 ton per tahun dalam negeri akan diberikan untuk me­dis,” kata Budi saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI secara virtual, Se­nin (5/7).

Mantan Wamen BUMN itu juga menjelaskan saat ini lebih banyak rumah sakit yang menggunakan oksigen tabung dibanding­kan penggunaan oksigen sentral.  “Jadi banyak ru­mah sakit yang menggu­na­kan tabung karena ba­nyak tambahan kamar-ka­mar darurat,” lanjutnya.

Kemenkes dan Kemen­pe­rin juga sudah menjalin komitmen untuk mela­ku­kan impor tabung kapasi­tas enam liter dan satu liter untuk memenuhi kebu­tuhan tabung oksigen. “Su­dah menjalin komitmen untuk impor tabung yang enam dan satu liter untuk memenuhi ruang tam­ba­han yang ada di rumah sa­kit,” kata Budi.(mcr8/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional