Menu

Pembinaan Kota Sehat Dihelat di ABTB

  Dibaca : 503 kali
Pembinaan Kota Sehat Dihelat di ABTB

Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi, kembali melaksanakan pembinaan ke setiap kecamatan. Salah satunya, pembinaan yang digelar di aula Kanto Camat ABTB, Selasa (26/11).

Camat ABTB, Hendri, menyampaikan, beberapa titik di kecamatan ABTB, telah mendukung program kota sehat. Di antaranya, membuat gang sehat, menanam tanaman di pekarangan dan penerapan PHBS.

“Kami di ABTB mengimbau setiap kelurahan memasang target, agar melaksanakan berbagai kegiatan dan menjalankan program kota sehat. Bagi yang sudah melaksanakan diharapkan dapat ditularkan ke kelurahan lainnya. Sehingga masyarakat kecamatan ABTB menjadi masyarakat yang sehat, mulai dari diri sendiri, keluarga hingga lingkungan sekitarnya,” ujar Hendri.

Kecamatan ABTB mengakui, masih ada beberapa titik runah warga, yang tidak memiliki septic tank. Solusinya, tentu akan dibuat septic tank komunal, namun terkendala lahan.”Ini akan kita carikan jalannya, agar tidak ada lagi masyarakat yang mengalirkan kotoran dari kamar mandi atau WC nya langsung ke got dekat rumah,” ungkapnya.

Sekretaris FKS, Yunita, menjelaskan, pembinaan di setiap kecamatan terus dilaksanakan, meskipun Bukittinggi telah meraih penghargaan kota sehat tertinggi, Swasti Saba Wistara. Pembinaan dilakukan sebagai langkah untuk mempertahankan dan lebih meningkatkan upaya serta kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat.

“Alhamdulillah, kota Bukittinggi telah meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara, penghargaan tertinggi dalam penilaian kota sehat Indonesia. Ini tentu tak lepas dari dukungan masyarakat dan juga pokja kota sehat setiap kecamatan dan juga kelurahan,” ujarnya.

Yunita menyampaikan, penghargaan bukan tujuan akhir dari pembinaan kota sehat. Namun, bagaimana seluruh masyarakat kota Bukittinggi dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat itu setiap hari di lingkungan masing- masing. “Kota sehat, tujuannya bukan penghargaan. Tapi bagaimana merubah pola hidup dan perilaku hidup ke PHBS. Seluruh bidang yang ada di kota ini, menjadi indokator dalam kota sehat,” jelasnya.

Ke depan, tentu ada beberapa poin yang harus ditingkatkan mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat kecamatan, dalam membiasakan masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Program yang disusun diharapkan mampu mendukung seluruh indikator kota sehat. (u)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional