Menu

Pembinaan Aktor Kerukunan Tokoh Agama di Kabupaten Tanah Datar

  Dibaca : 46 kali
Pembinaan Aktor Kerukunan Tokoh Agama di Kabupaten Tanah Datar
PEMBUKAAN—Kakanwil Kemenag Provinsi membuka Pembinaan Aktor Kerukunan Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Tanah Datar.

TANAHDATAR, METRO–Ka Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabag TU H. Irwan membuka secara resmi  Pembinaan Aktor Kerukunan Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Tanah Datar, di Aula Air Angek Cotage, Kecamatan X Koto, dengan tetap melaksanakan Pro­tokol Covid 19.

Pembukaan Pembi­na­an Aktor Kerukunan Tokoh Agama  itu dihadiri Ka Kankemenag Tanah Datar H. Syahrul, Kasubbag TU Kemenag H. Yusmarli dan Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Sumbar Fauqa Nuri Ikhsan.

Ka Kanwil yang diwakili Kabag TU Irwan itu dalam arahannya mengajak para aktor kerukunan tokoh a­gama dan masyarakat.  “Kawal kerukunan umat beragama khususnya di Kabupaten Tanah Datar, yakni kerukunan antar u­mat beragama, kerukunan intern umat beragama dan kerukunan sesama umat beragama,” katanya.

Kemudian Ka Kanwil meminta agar para aktor kerukunan tokoh agama harus memiliki komitmen. antara lain komitmen ber­kerumun, bertoleransi da­lam memahami dan me­ngamalkan ajaran Agama.  “Komitmen anti kekerasan dan kearifan lokal yang didasari oleh Adat Basandi Syarak–Syarak Basandi Kitabullah (ABS–SBK),” jelasnya.

Dia juga menghimbau para Aktor Kerukunan un­tuk membangun prinsip kerukunan. Bangun kehar­monisan, bangun ra­sa sa­ling menghargai dan meng­hormati,  mampu memba­ngun dan membina keber­samaan ditengah masya­rakat.

Sementara Ka Kanke­menag Tanah Datar H. Syah­­rul dalam sam­bu­tan­nya mengucapkan terima kasih kepada Ka Kanwil Kemenag Sumbar yang telah membawa acara Pem­binaan KUB dari Kan­wil Kemenag Sumbar ke Kabupaten Tanah Datar. “Adanya kegiatan pembi­naan KUB  tersebut akan bartambah baiknya Keru­kunan Hidup Beragama di Kabupaten Tanah Datar,” sebutnya.

Kemudian ia meminta kepada peserta pem­bi­naan aktor kerukunan to­koh agama itu untuk me­ngikuti kegiatan pem­binaan  dengan sebaik-baiknya dan dapat diprak­tekkan serta dikem­bang­kan tempat masing-ma­sing. “Agar kerukunan be­ragama di Kabupaten Ta­nah Datar terlaksana de­ngan penuh kedamaian dan kesejukan,” katanya.

Peserta Pembinaan Ak­tor Kerukunan Tokoh A­gama tersebut diikuti se­banyak 45 orang, berasal dari Ormas Kabupaten Tanah Datar, berlangsung dari tanggal, 10 dan 11 September 2021. Kegiatan Pembinaan itu akan ditutup secara resmi oleh Ka Kan­kemenag Tanah Datar H. Syahrul, Sabtu (11/9).

Adapun Nara Sumber yang menyampaikan ma­teri dalam Pembinaan Ak­tor Kerukunan Tokoh A­gama tersebut masing-masing H. Syamsuir Ka Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syah­rul Ka Kankemenag Tanah Datar, FKUB Provinsi Sum­bar dan Kantor Kebangpol Pro­vinsi Sumatera Barat. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional