Menu

Pemberdayaan Kongsi Sosial Jumat Berseri Dilaunching di Masjid Darussalam, Berbagi Seribu Rezeki di Setiap Jumat

  Dibaca : 169 kali
Pemberdayaan Kongsi Sosial Jumat Berseri Dilaunching di Masjid Darussalam, Berbagi Seribu Rezeki di Setiap Jumat
Kapolresta Padang Kombes Pol.Imran Amir, S.IK,MH melaunching Pemberdayaan Kongsi Sosial Jumat Berseri (Berbagi Seribu Rezeki), Senin (28/6) di Masjid Darussalam, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan.

MATOAIA, METRO–Kapolresta Padang Kombes Pol.Imran Amir, S.IK,MH melaunching Pem­­berdayaan Kongsi Sosial Jumat Berseri (Berbagi Seribu Rezeki), Senin (28/6) di Masjid Darussalam, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan. Pada ke­sempatan itu, Ka­pol­resta juga melaksanakan penanaman bibit pohon matoa, serta pelepasan bibit ikan.

Ketua Panitia, Zakiruddin mengatakan, kegiatan Jumat Berseri ini untuk pemberdayaan warga kelurahan. Di mana di masa pandemi Covid-19 warga mesti membiasakan hidup berdampingan dengan Co­vid-19. Sehingga mampu tetap menjalani kehidupan yang lebih baik.

Ada pun program kerja yang dilaksanakan melalui kegiatan Jumat Berseri berupa berbagi seribu re­zeki. Kegiatan sosial ini mengharapkan setiap warga di RT menyisihkan rezeki Rp1.000 per jumat. Nilainya memang sangat kecil,  tapi kalau dikumpulkan per RT, bisa membantu warga  kurang mampu yang membutuhkan.

Dana yang terkumpul akan diberikan kepada yang membutuhkan, berupa sembako seperti beras, minyak goreng dan lain- lainnya. Melalui kegiatan ini berlangsung selalu sinergi antara lurah, bha­binkamtibmas, babinsa dan warga, serta arahan dari Kapolsek Padang Selatan.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penanaman bibit matoa serta serta pelepasan bibit ikan yang juga merupakan rang­kaian kegiatan memperingati HUT ke-75 Bhayangkara tahun 2021. Bha­binkamtibmas Kelurahan Mata Air, Aipda Nofri, SH  menambahkan, kegiatan ini berkaitan dengan belum berakhirnya pandemi Covid-19.

“Tentunya kita hidup berdampingan dengan Co­vid-19. Kita perlu adanya pemberdayaan masya­rakat. Kita gagas bagaimana masyarakat kita berdaya baik di bidang kesehatan, ekonomi dengan memancing UMKM tetap produktif pada masa pandemi. Salah satunya penanaman bibit matoa. Dari pemberdayaan sosial kita saling berbagi, bergotong royong membantu warga kita yang kurang mampu atau yang terkena Covid-19,” ungkapnya.

Lurah Mata Air, Betty Ernita mengatakan, kegiatan launching Pemberda­yaan Kongsi Sosial Jumat  Berseri (Berbagi Seribu Re­zeki ) menjadikan peran kelurahan untuk menyukseskannya. Untuk jangka panjang akan adakan pelatihanpelatihan dan motivasi untuk warga kurang mampu untuk bisa mandiri.

Melalui pelatihan dan motivasi, dengan keahliannya, warga kurang mampu bisa memperbaiki ekonominya. Untuk program Jumat Berseri baru terlaksana di RW 12. “Nanti kita akan sosialisasikan  ke seluruh RT dan RW se-Kelurahan Mata Air,” ujarnya.

Camat Padang Selatan, Teddy Antonius mengatakan, program Jumat Berseri manfaatnya luar biasa. Program ini menjadi kekuatan untuk menghimpun potensi yang ada di  tengah warga untuk ikut serta bergotong royong membantu warga yang kurang mampu.

“Sehingga masalah kemiskinan di Mata Air bisa ditanggulangi. Termasuk juga semua elemen terkena terdampak pandemi Covid-19. Semua warga ikut bergotong royong bersamasama menumbuhkan rasa kepedulian  sosial untuk warga kita yang kurang mampu,” harapnya.

Kapolresta Padang me­nga­takan, program yang dibuat oleh warga di Mata Air bersama unsur pimpinan kecamatan, Pol­sek, Koramil Padang Selatan serta warga Kelurahan Mata Air ini luar biasa. Terutama dalam situasi pandemi Covid-19 seka­rang.

Dengan program  Jumat  Berseri, dana yang dikumpulkan oleh warga di Kelurahan Mata Air yang jumlahnya ada 12 ribu orang, satu bulan bisa mencapai sekitar Rp12 juta. Dana ini bisa digunakan untuk membantu warga kurang mampu di Kelurahan Mata Air.

“Kita minta kepada jajaran Pemerintah Kota Pa­dang, Bapak Wali Kota Ko­ta Padang bisa melaksanakan program positif ini. Untuk menyukseskan program ini  kita dorong seluruh  Bhabinkamtibmas Kelurahan di Kota Padang termasuk Babinsa untuk mencontoh dan untuk bisa dilaksanakan di seluruh kelurahan di Kota Padang,” harapnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional