Menu

Pembentukan Pansel Pengisian Jabatan Eselon II, BKPSDM Kota Padang Menunggu Rekomendasi KASN

  Dibaca : 116 kali
Pembentukan Pansel Pengisian Jabatan Eselon II, BKPSDM Kota Padang Menunggu Rekomendasi KASN
Arfian Kepala BKPSDM Kota Padang.

AIA PACAH, METRO–Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sum­­­­ber Daya Manusia (BKP­SDM)­ Kota Padang me­nanti rekomendasi Ko­misi Aparatur Sipil Negara (KASN) soal pem­­ben­tu­kan Panitia Se­lek­si (Pan­sel) pengisian jabatan pejabat Eselon II di Pemko Padang.

Kepala BKPSDM Kota Padang, Arfian me­nyam­­paikan, Pemko te­lah me­nyu­rati KASN ten­tang pe­ngisian jabatan pejabat Eselon II yang saat ini dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). Jika balasan dari KASN telah ada, maka Pan­sel bisa dibentuk.

Menurutnya, jabatan Eselon II di Pemko Padang yang dijabat Plt terdapat dibeberapa dinas antara lain Dinas Pariwisata, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Inspektorat, Dinas Peker­jaan Umum dan Peru­ma­han Rakyat (PUPR) dan Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Padang.

“Ada 5 OPD dipimpin Plt dan 1 Plh,” ujar Arfian, Rabu (8/9).

Ia mengatakan, pada Disdukcapil saat ini dijabat oleh Didi Ariyadi, Dinas PUPR, Tri Hadiyanto, Ke­pala Inspektorat dipimpin Sekre­tarisnya, Dinas Per­pus­ta­kaan dan Arsip, En­drizal, Plh Sekda Padang, Edi Haysmi dan Dinas Pari­wisata lang­sung dijabat diri­nya.

“Kita berharap KASN segera turunkan reko­men­dasi, agar BKPSDM dapat bekerja dan rangkap ja­batan tidak terlalu lama di­pegang,” ucap mantan K­a­bag Pemerintahan ini.

Ia menyampaikan, un­tuk jabatan lain yang ko­song dan diisi Plt ter­dapat di instansi Kelurahan yang ada di Padang. Jaba­tan itu dipimpin Plt, karena ASN Nya pensiun.

“Pengisian jabatannya, kita sesuaikan jadwalnya sewaktu melaksanakan Mu­­tasi dan Rotasi jabatan,” paparnya

Jumlah jabatan yang dipegang Plt di Kelurahan, ia tak mengetahui pasti be­rapanya. Yang jelas BKP­SDM akan segera isi. Supa­ya jalannya roda peme­rintahan tak terganggu dan pelayanan pada mas­yara­kat berjalan dengan mak­simal.

Masih banyaknya OPD strategis yang hanya diisi Plt dan Plh ini sebelumnya juga sudah dipertanyakan anggota DPRD Padang. Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti mempertanyakan pada saat ini beberapa Orga­nisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Padang masih dijabat pelaksana tugas (Plt).

“Yang dibutuhkan pada saat ini adalah super team dalam menjalankan roda pemerintahan Kota Pa­dang. Sudah cukup lama dinas hanya dipimpin Plt. Oleh karena itu, kami me­minta Pemko Padang me­ne­tapkan kepala yang de­fenitif dalam membantu Walikota Padang dalam menjalankan roda pe­me­rintahan,” tegas Elly, be­berapa waktu lalu.

Ia menegaskan keko­songan jabatan yang ada menyebabkan sangat sulit dalam hal membuat ke­putusan jika masih diisi oleh seorang pimpinan yang masih berstatus pe­lak­sana tugas.

“Kita lihat sendiri, Dinas Pariwisata dijabat Plt, Di­nas Kependudukan dan Cata­tan Sipil juga diisi oleh Plt. Unik­nya, banyak yang men­­jadi super hero de­ngan merangkap dua jaba­tan. Selain itu, di kelurahan juga banyak lurah dan se­kretaris lurah yang ko­song,” ulas kader Gerindra ini.

Ia meminta Pemko Pa­dang untuk menunjuk pe­ja­bat untuk mengisi keko­songan yang ada. “Kita lihat sendiri wakil wali kota kosong, beberapa OPD diisi Plt, sekda tidak ada. Bagaimana tujuan pem­bangunan Kota Padang bisa tercapai,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen men­jelas­kan pihaknya akan bica­rakan di tingkat pimpinan soal hal ini dan mengikuti mekanisme yang ada.

“Kita siap musya­warah­kan dengan pimpinan lain. Agar roda pemerintahan tak terganggu dan pela­yanan pada warga mak­simal pelaksanaannya,” te­gasnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional