Menu

Pembenahan Pasar Lubukbuaya Telan Rp1,5 M

  Dibaca : 127 kali
Pembenahan Pasar Lubukbuaya Telan Rp1,5 M
Pasar Lubuk Buaya Padang (Doc.minangkabaunews.com)

KHATIB, METRO – Dinas Pedagangan Kota Padang terus melakukan pembenahan terhadap Pasar Lubuk Buaya, Padang. Setelah pembangunan pasar ikan higienis diresmikan beberapa waktu lalu, OPD tersebut juga akan melakukan pembangunan pasar ayam dan pasar daging, yang tujuannya untuk menciptakan kenyamanan di dalam pasar.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatakan, pembangunan pasar itu dianggarkan dari APBD Kota Padang. Pembangunan fisik pasar daging dan pasar ayam itu akan menelan anggaran Rp1,5 miliar.

”Saat ini masih dalam tahapan proses tender. Jika proses itu selesai, pembangunan akan langsung dilaksanakan, dengan target selesai pada November 2019. Sebelum pembangunan ini dimulai, kita juga harus terlebih dahulu memindahkan pedagang,” kata Endrizal.

Endrizal menjelaskan, untuk pemindahan pedagang ayam dan pedagang daging akan dibahas nanti. Apakah dengan voting atau musyawarah, tergantung kesepakatan. Namun, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pedagang terkait akan dilaksanakannya pembangunan itu.

”Pemko Padang akan terus melakukan pembenahan di Pasar Lubuk Buaya ini. Tentunya sangat diharapkan dukungan dari para pedagang agar proses pembangunannya tidak terganggu, sehingga bisa selesai cepat waktu. Artinya pedagang juga bisa segera menempati kios barunya,” ungkap Endrizal.

Endrizal menuturkan, pembangunan pasar ayam dan pasar daging untuk menata agar Pasar Lubuk Buaya, tertata rapi, sehingga menjadi lebih asri. Sebelumnya, di pasar itu juga telah dibangun pasar ikan.

”Saat pembangunan nanti, para pedagang ayam dan pedagang daging sementara waktu di relokasi. Tempatnya nanti akan dicari, dan setelah pembangunan pasar mereka dipindahkan kembali,” ungkap Endrizal.

Endrizal menargetkan, penataan Pasar Lubuk Buaya akan diselesaikan dalam kurun waktu 1 tahun ke depan, atau pada 2020. Seluruh pedagang akan ditempatkan di lokasi dagang yang lebih resprentatif.

”Pedagang yang berjualan di arah selatan dan utara akan dipindahkan. Penataan dilaksanakan secara bertahap, dengan teknis masing-masing. Maka, Pasar Lubuk Buaya baru dapat dikatakan sempurna,” imbuh Endrizal.

Endrizal mengakhiri, Pasar Lubuk Buaya merupakan pasar yang telah memenuhi syarat kesehatan. Penilaian itu disampaikan oleh anggota Komisi IX DPR RI, yang telah berkunjung lansung ke Pasar Lubuk Buaya.

”Sebab itu, kita harus mempertahankan predikat ini. Cara, tentu terus memberikan pembinaan kepada pedagang-pedagang. Pasar yang bersih, sehat akan membuat masyarakat nyaman berbelanja,” sebut Endrizal. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional