Menu

Pembenahan Batang Lembang, Selain Cegah Banjir, Juga untuk Memperindah  Wajah Kota Solok

  Dibaca : 108 kali
Pembenahan Batang Lembang, Selain Cegah Banjir, Juga untuk Memperindah  Wajah Kota Solok
TINJAU--Wali Kota Solok Zul Elfian meninjau pembangunan proyek Batang Lembang.

SOLOK, METRO–Selain untuk mencegah banjir, pembangunan dan pembenahan Batang Lem­bang di Kota Solok juga untuk memperindah per­wa­jahan dan tata kota. Untuk itu, pembangunan dan pembenahan aliran Batang Lembang juga men­jadi fokus pem­bangunan di Kota Solok.

Menurut Wali Kota So­lok Zul Elfian Batang Lem­bang memiliki potensi be­sar dalam menunjang pari­wisata di Kota Solok. Alir­an sungai yang membelah Kota Solok sepanjang lebih kurang 10 Kilometer itu bisa dikembangkan se­bagai destinasi wisata su­ngai.

Kota Solok menurutnya, memang sedang menuju ke arah pengembangan aliran BatangLembang un­tuk menunjang sektor pari­wisata. Sehingga kede­pannya, Batang Lembang tidak lagi menghantui ma­syarakat akan banjir, tapi sudah mendatangkan man­faat bagi masyarakat dan daerah.

Pengembangan kawa­san bantaran BatangLem­bang sebagai kawasan wi­sa­ta juga sudah terlihat. Pembangunan Istiqlal park yang dilengkapi dengan air mancur multi warna dan tidak sedikit masyarakat yang berkunjung ke ka­wasan Istiqlal park.

Dalam pembenahan Batang Lembang, Zul Elfian juga sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah pro­vinsi Sumatra Barat yang mendorong pembangunan Batang Lembang. Jika mem­pergunakan dana APBD, Tentunya Kota Solok akan kesulitan.

Atas dasar kebutuhan, Pemerintah Kota Solok akan kembali melanjutkan proyek normalisasi Batang Lembang yang masih ter­bengkalai. Terutama di kawasan lapangan Mer­deka, kelurahan VI Suku, yang masih terlihat rawan. “Tahun kemarin, kita sudah melakukan pembangunan di satu sisi dan sudah ba­gus, dan tahun ini akan kita lanjutkan disisi yang lain, mudah-mudahan berjalan lancar seperti sebelum­nya,” ujar Zul Elfian.

Kota Solok semenjak tahun 2018, 2019 dan 2020 selalu mendapat dana dari pusat dalam pengendalian banjir Sungai Batang Lem­bang. ini merupakan kerja keras pemerintah kota So­lok yang gigih mengu­rus­nya ke pusat.

Pihaknya berharap, pe­me­rintah kota Solok betul-betul memanfaatkan ban­tuan yang diberikan secara maksimal sehingga mem­bawa manfaat besar dalam pembangunan daerah.

“Ini merupakan se­buah berkah bagi kota Solok, manfaatkan ban­tuan yang diberikan pe­merintah pu­sat dengan sebaik mung­kin. Mudah-mudahan ban­tuan yang diterima bisa berke­lan­jutan kede­pan­nya,” tutup Zul Elfian. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional