Menu

Pembekalan Dai Rahmatan lil Alamin PKS Sumbar, Pendakwah harus Hadirkan Kesejukan di Masyarakat

  Dibaca : 66 kali
Pembekalan Dai Rahmatan lil Alamin PKS Sumbar, Pendakwah harus Hadirkan Kesejukan di Masyarakat
PEMBEKALAN DAI— BPU DPW PKS Sumbar mengadakan pelatihan Dai Rahmatan lil Alamin, Minggu (12/9), dengan menghadirkan Ustadz Subki Al Bughri dan tim media ofisial UAS.

PADANG, METRO–Bidang Pembinaan Ummat (BPU) DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatra Barat menggelar Pelatihan Dai Rahmatan lil Alamin, Minggu (12/9). Kegiatan dilak­sana­kan secara serentak di seluruh DPD PKS se-Sumatra Barat, dengan menghadirkan pemateri dai nasio­nal, Ustadz Subki Al Bughuri, dan tim media official Ustadz Abdul Somad. Sebanyak 500 dai mengikuti kegiatan ini se­cara online melalui kanal media PKS Sumbar.

Ketua BPU DPW PKS Sumatra Barat, Ustadz Dr. Defrinal, MA mengatakan bahwa kegiatan ini dilak­sa­nak­an dalam rangka mem­berikan pembekalan bagi para dai yang akan terjun ke masyarakat menyam­pai­kan dakwah. Para dai diharap­kan tidak sekedar menyam­paikan materi-materi ce­ra­mah, tapi juga mampu meng­hadirkan ke­sejukan di te­ngah masya­rakat.

“Tujuan acara ini adalah membentuk dai yang siap terjun ke masyarakatan untuk menyampaikan pe­san dakwah yang menye­juk­kan. Bagaimana para dai bisa menghadirkan Islam yang rahmatan lil alamin,” kata Defrinal dalam sam­butan­nya.

  1. M Subki Al-Bughury yang merupakan dai kon­dang di berbagai media radio, dan televise nasio­nal, dalam materinya me­nyam­paikan seputar tips dai yang dicintai um­mat. Salah satu triknya ada­lah niat ikhlas berdak­wah, yai­tu dakwah ilallah.

 “Seorang dai harus memiliki keikhlasan dalam berdakwah. Harus memilili quwwatush shilah billah, yaitu seorang dai menjaga hubungan dengan Allah melalui ibadah dan zikir,” terang Ustadz Subki.

Selain keikhlasan dan hubungan baik dengan Allah, Ustadz Subki juga me­nga­takan, seorang dai ha­rus mengenal medan dak­wah dengan baik, be­rikut karatker orang yang di­dakwahi. Dan yang tak kal­ah penting adalah mem­persiapkan bahan dakwah yang aktual dan faktual.

Sementara itu ber­sa­ma tim media UAS official yang diwakili oleh Ustadz Faiz Sumarno para peserta di­be­rikan pemahaman ten­tang pentingnya peran me­dia sebagai sarana dak­wah. Peran media baik, cetak maupun elektronik dan media sosial sangat menunjang kesuksesan dakwah hari ini.

“Karena dakwah kita tidak mungkin sukses tan­pa adanya media. Namun tentunya kita harus was­pada dan bijak dalam me­milih media yang akan di­gunakan untuk berdak­wah,” ungkapnya.

 Menurutnya semakin banyak seorang dai dalam menguasai media, sema­kin banyak yang akan me­nun­jang kesuksesannya da­lam berdakwah.

Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan launching dan pelantikan Korps Dai Rahmatan lil Alamin, oleh ketua DPW PKS Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansha­rullah. Korps dai ini nan­tinya akan terjun ke ma­sya­rakat menyampaikan dak­wah Islam, menghadirkan kesejukan sebagaimana tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional