Menu

Pembangunan Seawall Hampir Rampung, Selamatkan Kawasan Pantai di Padang dari Abrasi

  Dibaca : 243 kali
Pembangunan Seawall Hampir Rampung, Selamatkan Kawasan Pantai di Padang dari Abrasi
PEMBANGUNAN SEA WALL— Kawasan objek wisata Tugu Merpati Perdamaian yang berhasil diselamatkan dari abrasi pantai berkat pembangunan seawall oleh BPBD Provinsi Sumbar.

SAMUDERA, METRO
Pengerjaan pemasangan seawall (pengamanan pantai) untuk mengatasi abrasi pantai di tiga titik lokasi di kawasan Kota Padang hampir selesai. Hasil pengerjaan seawall saat ini membuat Pantai Padang tampak semakin indah dan terhindar dari gelombang laut yang sebelumnya mengikir kawasan tersebut akibat abrasi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar Erman Rahman, mengatakan, pengerjaan proyek penanganan transisi darurat ke pemulihan abrasi di tiga titik di kawasan Pantai Kota Padang tersebut menggunakan dana siap pakai (DSP) BNPB sebesar Rp 19 miliar.

“Pembangunannya bisa terwujud berkat komunikasi yang bagus Pemprov Sumbar dengan BNPB, dan dukungan berbagai pihak yang ikut berjuang untuk penanganan abrasi pantai di Padang mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat,” sebutnya, usai melakukan kunjungan ke tiga lokasi pengerjaan proyek pemulihan abrasi di Kota Padang tersebut.

Ia menyebutkan, untuk mendapatkan anggaran dalam pembangunan proyek penanganan abrasi di Kota Padang, Gubernur Sumbar saat itu, Irwan Prayitno saat itu, bersama Wali Kota Padang Mahyeldi yang saat ini telah menjadi Gubernur Sumbar, ikut berjuang datang langsung ke BNPB.

“Alhamdulillah, dana untuk proyek pemulihan abrasi di kota Padang tersebut didapatkan dari BNPB. Sehingga pembangunannya bisa dilaksanakan, dan sekarang tinggal menunggu penuntasan pengerjaannya,” terangnya.

Ia menyebutkan, persoalan kebencanaan, khususnya mitigasi, memang membutuhkan dana besar untuk membangun secara fisik. Jika hanya mengandalkan APBD semata tidak akan cukup, perlu upaya untuk menggaet dana pusat agar persoalan mitigasi itu dapat diatasi.

“Kita berterimakasih ke BNPB yang sangat peduli dengan Sumbar. Kita harapkan akan ada bantuan untuk daerah lain terdampak bencana di Sumbar,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, saat ini pengerjaan tanggul laut di kawasan Tugu Merpati telah selesai. Untuk pengerjaan di kawasan Masjid Al Hakim penyelesaian pengerjaannya terus dipercepat, begitu juga dengan kawasan di Pasir Jambak.

“Keberadaan tanggul laut ini diharapkan dapat mencegah terjadinya abrasi, melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut dari ancaman bencana alam dan lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, diberitakan BNPB menyerahkan bantuan DSP kepada Pemprov Sumbar, Rabu, 21 Oktober 2020 di Gubernuran. Dana tersebut untuk penanganan abrasi pantai di tiga titik di Kota Padang. Yakni, penanganan abrasi untuk mengamankan Masjid Al Hakim, Jalan Samudera, pengamanan Tugu Merpati, Muaro Lasak Purus dan pengamanan abrasi di Pasir Jambak.

Penyerahan DSP sebesar Rp19 miliar dilaksanakan secara simbolis yang oleh Sekretariat Utama (Sestama) BNPB, Harmensyah kepada Gubernur Sumbar waktu itu, Irwan Prayitno.

Sestama BNPB, Harmensyah mengatakan, abrasi pantai di Kota Padang sudah menjadi perhatian BNPB. Karena lokasi yang terdampak abrasi adalah lokasi vital, seperti Masjid Al Hakim yang baru dibangun dari sumbangan warga senilai Rp 15 miliar.

Kemudian, Tugu Merpati yang menjadi sejumlah pengingat momentum perdamaian. Begitu juga di Pasir Jambak yang berdampak pada masyarakat. Menurutnya, dengan anggaran tersebut diharapkan penanganan abrasi pantai di Kota Padang dapat berjalan dengan cepat, demi untuk mengamankan fasilitas publik. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional