Close

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Sijunjung Dimulai, Bupati Benny Dwifa Lakukan Peletakan Batu Pertama

PEMBANGUNAN DIMULAI— Bupati Sijunjung Benny Dwifa melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Kamang Baru.

SIJUNJUNG, METRO–Harapan masyarakat Kabu­paten Sijunjung untuk men­dapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik akan segera terwujud. Pasalnya, Kabupaten Sijunjung bakal memiliki  te­rutama Rumah Sakit Pratama yang sedang dibangun di Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru.

Kini, proses pemba­ngunan resmi dimulai de­ngan digelarnya kegiatan groundbreaking atau pele­takan batu pertama oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir.  Acara itu juga diikuti Wabup Irad­datillah, Anggota DPR RI Darul Siska, Pejabat Ke­men­kes, Forkopimda, Sek­da Dr.Zefnihan, AP MSi, Kepala Dinas Kominfo Da­vid Rinaldo, SSTP dan jaja­ran pejabat di lingkungan Pemkab Sijunjung, Rabu (20/7).

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Tipe D ditu­jukan agar lebih memudah­kan masyarakat, khusus­nya di Kecamatan Ka­mang Baru dan sekitarnya untuk memperoleh layanan kese­hatan di rumah sakit, selain tiga Puskesmas yang ada tersebar di kecamatan ter­sebut.

Hal itu mengingat jarak yang harus ditempuh ma­syarakat cukup jauh untuk menjangkau RSUD Sijun­jung yang terletak di Keca­matan Sijunjung. Bahkan bisa memakan waktu hing­ga 2 jam lebih untuk bisa sampai di RSUD. Tak ja­rang jika masyarakat Ka­mang Baru, lebih memilih berobat keluar daerah, atau kabupaten tetangga.

“Kita berharap rumah sakit ini selesai tepat wak­tu, jangan ada persoalan dalam tahap pembangu­nannya. Kami berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak untuk mensukseskan pemba­ngu­nan rumah sakit ini,” tutur Bupati Sijunjung, Benny Dwifa.

Rumah Sakit Pratama Tipe D itu dibangun dengan anggaran Rp50 miliar lebih, terdiri dari bangunan dan sejumlah prasarana pen­du­kung lainnya. Bahkan ditargetkan sudah bisa beroperasi pada tahun mendatang.

Terwujudnya pemba­ngunan Rumah Sakit Pra­tama di Kecamatan Ka­mang Baru, berkat kolabo­rasi banyak pihak, mulai dari pemerintahan nagari, kabupaten, hingga pemer­intah pusat.

Sampai akhirnya Kabu­paten Sijunjung menjadi daerah terpilih untuk pem­bangunan Rumah Sakit Pratama, salah satu dari 13 daerah se-Indonesia. Tak banyak daerah yang bisa mendapatkan.

“Untuk bisa dapat pem­bangunan rumah sakit ini butuh upaya yang luar biasa. Butuh banyak duk­u­ngan hingga akhirnya pem­bangunan rumah sakit ini bisa dibawa ke Kabupaten Sijunjung. Banyak daerah yang berharap, Alham­dulillah Sijunjung yang dapat,” terang Bupati.

Benny Dwifa berharap keberadaan rumah sakit ini benar-benar dirasakan ma­syarakat manfaatnya. “Kita harapkan nanti rumah sakit ini memiliki spesifikasi di bidang penanganan kese­hatan. Bahkan kalau bisa  menjadi rumah sakit ruju­kan regional, dan dirasa­kan betul manfaatnya bagi masyarakat banyak,” ha­rapnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top