Menu

Pembangunan PLTMH Pelangai Capai 15 Persen

  Dibaca : 60 kali
Pembangunan PLTMH Pelangai Capai 15 Persen
Ilustrasi

PESSEL, METRO – Melihat kondisi lapangan progres pembangunan Pembangunan Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Nagari Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan prosentase penggerjaan baru mencapai 10-15 persen. Bahkan, dua Gardu besar PLN yang didatangkan investasi PT. Dempo Sumber Energi untuk PLTMH Palagai tersebut.

Gardu PLN ini nantinya masing-masing akan mampu menghasilkan listrik sebanyak 9,8 Megawatt dan 3,6 mengawatt. Selain itu dua camp bagi karyawan atau pekerja PT.Dempo telah rampung dibangun, dan nantinya akan mampu menampung sebanyak 24-30 orang karyawan.

Camat Ranah Pesisir Zul Arzil ketika dihubungi, Selasa (14/5) membenarkan, bahwa dua gardu PLN yang didatangkan oleh pihak perusahaan PT.Dempo Sumber Energi memang telah berada di lokasi pembangunan PLTMH. Dan, juga beberapa peralatan yang didatangkan langsung dari Cina untuk pengerjaan nantinya juga telah didatangkan oleh pihak PT. Dempo. “ Saat ini jika di prosesntase pengerjaan dilakukan PT. Dempo Sumber Energi baru lah 15 persen,” ujar Zul.

Zul mengatakan, sejauh ini terkait isu bahwa pihak Kecamatan dan KAN di Kecamatan Ranah Pesisir telah meneken surat alas hak itu tidak benar, karena lokasi pembangunan PLTMH berada di kawasan hutan HPT atau hutan Negara dan TNKS. Jadi, tidak pernah secarik surat pun dirinya mengeluarkan surat alas hak.

Terkait pemakaian lahan, tanah dan isi didalam lahan masyarakat sejauh ini telah dilakukan ganti rugi oleh pihak PT. Dempo, termasuk permintaan Nagari untuk dilakukan bedah rumah juga telah dipenuhi, serta bantuan pada Mesjid dan mushollah.

Dan, Kita tegaskan selama ini tidak benar bawah jika isu pihaknya bersama pihak KAN di Kecamatan Ranah Pesisir meneken surat alas hak.

 ” Untuk pembuatan bendungan sendiri, diperkirakan akhir tahun baru akan dimulai pengerjaan nya,” ucap Camat.

Ditambahkan Zul Arzil sejauh ini Pihak PT. Dempo Sumber Energi baru mempersiakan infratruktur jalan, camp karyawan serta peralatan itu sendiri. Apalagi pembangunan bendungan untuk PLTMH ini dananya miliar, dan kontrak pembangunan pun masih lama kurang lebih 30 tahun kedepan. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional