Menu

Pembangunan Pasar Raya pakai APBN atau Investor, Andre: Bola di Tangan Wako Mahyeldi

  Dibaca : 1541 kali
Pembangunan Pasar Raya pakai APBN atau Investor, Andre: Bola di Tangan Wako Mahyeldi

ADINEGORO, METRO—Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade semakin serius mengawal pembangunan Pasar Raya Fase VII tanpa dana investor atau pihak ketiga. Karena, mayoritas pedagang menginginkan pembangunan pasar melalui APBN atau APBD. Dengan investor, mereka yang su- dah puluhan tahun ber- jualan, bisa tiba-tiba “didepak” begitu saja.

Andre mengatakan, saat pertemuan Komisi VI DPR RI dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno 18 Desember lalu, dia langsung menyampaikan hal itu. Sat itu, Irwan langsung merespon baik dan menyatakan siap. Bahkan, memberikan contoh pembangunan pasar dengan APBN seperti di Kota Pariaman. Dia meyakini Pasar Raya juga bisa dilakukan seperti itu.

“Saat itu, pak Gubernur langsung memerintahkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar, pak Asben Hendri membuat proposal dan mengordinasikannya dengan Pemko Padang. Bahkan, hari itu juga hadir perwakilan dari Kemen- terian Perdagangan (Kemendag) yang siap mem- bantu pembangunan,” kata Andre yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar itu.

Tak hanya itu, di kesempatan berikutnya saat pada Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) PKS Sumbar Sabtu (21/12), Andre kembali bertemua dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan juga Wali Kota Padang Mahyeldi Ansha- rullah. Ketiganya sempat berbincang soal pembangunan pasar tersebut. Bahkan, tak ada kesan, ada “interpelasi” di antara mereka. “Saat itu saya kembali mengingatkan pak Gubernur soal pembangunan Pasar Raya Fase VII ini. Pak Irwan langsung memanggil Wako Mahyeldi dan menjelaskan soal rencana yang akan digalang untuk membangun pasar melalui APBN – tepatnya Kementerian Perdagangan RI. Saat itu Pak Wali langsung menyebut siap, dan akan membuat proposalnya,” kata Andre yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre menegaskan, kini persoalan pembangunan pasar melalui investor atau tidak tergantung Wali Kota Padang. Karena, semua pihak mulai dari pedagang, Gubernur dan perwakilan Kemendag yang datang ke Padang, sudah sepakat membua peluang meng- gunakan dana APBN. “Kini bola di tangan Pak Wako. Mau menggunakan dana APBN atau investor. Kalau saran kami, ya pakai dana pusat saja. Agar tak membebani pedagang di kemudian hari,” katanya.

Tokoh Pasar Raya yang juga Anggota DPRD Sum- bar Budi Syahrial meminta Andre membantu menuntaskan persoalan pasar yang masih banyak. Yaitu membangun kembali bangunan Pasar Fase VII. Agar tidak masuk investor, atau orang yang memberikan modal dan ingin pengembalian.

“Kami tidak ingin pasar ini dibangun oleh investor. Agar dibangun dengan APBD atau APBN, tidak dikomersilkan yang memberatkan pedagang. Semoga Andre Rosiade bisa menjembatani ke Kementerian Perdagangan,” kata Budi dalam pertemuan yang dihadiri Ketua KPP Asril Manan, Pembina KPP Jas- rial, Havid, Irzal Mudatsir dan lainnya pekan lalu. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional