Menu

Pembangunan Pasar Carocok Segera Dilanjutkan

  Dibaca : 43 kali
Pembangunan Pasar Carocok Segera Dilanjutkan
TINJAU— Bupati Pessel Hendrajoni didampingi Kadis Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Azral meninjau pembangunan Pasar Carocok yang segera dilanjutkan pembangunannya.

PESSEL, METRO – Pembangunan Pasar Cerocok Tarusan yang terletak di Kanagarian Atau Cerocok Kecamatan Koto XI Tarusan akan dilanjutkan tahun 2019 dengan alokasi dana APBD sebesar Rp 3 miliar. Ke depannya ini keberadaan pasar ini akan menjadi satu pendongkrak sektor pariwisata di Pessel.

“Pasar Carocok Mandeh berada tidak jauh dari Pelabuhan Carocok Tarusan sehingga memudahkan wisatawan berbelanja sebelum ataupun sesudah berlayar di perairan Mandeh dan memang itu tujuan pasar ini di bangun ,” kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian, Azral, Rabu (5/12) ketika meninjau Pasar Modern Cerocok Anau Tarusan ini bersama Bupati Pessel

Menurutnya, selain mengandalkan lokasi pasar yang strategis, pihaknya juga akan menata areal pasar dengan maksimal mulai dari menyiapkan perparkiran hingga membangun taman-taman di lokasi. Bahkan pihaknya juga telah membicarakan rencana membangun pelabuhan khusus bagi wisatawan untuk berlayar ke perairan Mandeh tepat di belakang pasar.

“Sebab pelabuhan yang ada sekarang direncanakan akan dijadikan pelabuhan internasional dan khusus untuk para nelayan. Jika hal tersebut terealisasi tentu akan berdampak signifikan terhadap peningkatan transaksi jual beli di pasar dan pastinya wisatawan juga akan lebih nyaman,” ujar Azral.

Nanti setelah diresmikan di Pasar Carocok Mandeh akan dijual berbagai produk daerah seperti Batik Tanah Liek, Sulam Bayangan dan Batik Lumpo dan semua potensi nagari yang ada .

“Selain sebagai wahana promosi, pengunjung juga dapat membelinya, selain itu di sana juga akan dijual berbagai cindera mata dan hal menarik lainnya yang pasti diminati wisatawan,” sebut Azral.

Pasar Carocok Mandeh nantinya akan mampu menampung sekitar 80 pedagang dan pedagang itu diutamakan adalah anggota koperasi dan warga setempat  agar lebih mudah melakukan pendataan. Pembangunan pasar semi modern tersebut pada 2017 dianggarkan Rp7 miliar dan pada 2018 kembali dianggarkan sebanyak Rp1,5 miliar, dan Tahun 2018 ditambahkan Rp 3 milyatlr setelah itu pasar bisa dioperasikan.

“ Semoga setelah pembangunan pasar selesai maka rencana besar Pessel akan menjadi Kawasan Mandeh menjadi sentral wisata dan sentral promosi ,” ujar Azral. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional