Close

Pembangunan Jalan Nasional Sago – Salido, Pessel Masih Menyimpan PR

PESSEL, METRO–Pelebaran jalan Nasional Salido – Sago, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dimana pengerjaan tersebut dilaksanakan pada  tahun 2019 masih menyimpan pekerjaan rumah ( PR) yang harus di selesaikan oleh Pemerintah Daerah setempat bersama Dinas terkait yang ada.

Tidak sedikit anggaran telah digelontorkan Pemerintah Daerah, Pesisir Selatan guna ganti rugi lahan masyarakat nantinya akan dipakai untuk pelebaran jalan,  melalui Dinas Perumahah Rakyat Kawasan Permukiman ( PUPR), pada tahun 2019 yang lalu menggarkan Rp. 10 miliar. Guna memuluskan kegiatan pelebaran jalan tersebut.

Dalam proses nya pengerjaan pelebaran jalan Nasional Salido – Sago tersebut dikerjakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional ( PJN) Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu juga, suntikan anggaran dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 95 miliar, untuk pembangunan jalur dua untuk pembangunan jalur dua Painan – Salido termasuk pembangunan jembatan dan pembanguan dua tugu di daerah itu.

Berdasarkan pantuan Pos Metro, di ruas jalan Nasional Salido – Sago, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat masih terdapat beberapa titik ruas jalan tersebut masih belum selesai ganti rugi tanah masyarakat.

Tentunya bagi pengendara roda dua ataupun roda empat, serta roda enam yang melintasi ruas jalan Nasional Salido – Sago harus waspada, karena kondisi jalan yang tidak sama lebar, kadang menyempit dan lebar tentumya hal ini membahayakan bagi pengguna jalam raya.

Menurut salah seorang warga setempat, Yayan bahwa kegiatan pelebaran jalan Sago – Salido telah berlangsung lama kegiatanya, namun hingga sampai ini hal tersebut masih ada beberapa titik ruas jalan yang belum bebas ganti untung lahan masyarakat di gunakan untuk pelebaran jalan.

Hal ini tentunyan smembahayakan bagi pengendara roda dua ataupun roda empat, ucap Yayan, pada Pos Metro. Senin 20 Juni 2022.

Hal sama juga dikeluhkan Nanda salah seorang pengguna roda dua, yang berharap pada dinas terkait agar segera menyelesaikan ganti untung lahan masyarakat yang digunakan pelebaran jalan Sago – Salido.

Sebelumnya, pernah dikonfirmasi Pos Metro Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR), Kabupaten Pesisir Selatan, Devitra Samsu Radini ketika, mengklaim bahwa dalam tahun ini permasalahan pembebasan tanah  masyarakat untuk pelebaran jalan Salido – Sago akan rampung.

Dikatakan Devitra, ada tiga titik belum selesai pembebasan lahan dari 18 titik yang ada. Namun begitu, bersama – sama dengan tim Pemkab Pessel lainya akan melakukan pendekatan secara persuasif pada masyarakat.

” Inyah Allah, Kita usahakan seoptimal mungkin tahun ini akan rampung tiga titik tersebut,” tekuknya. ( Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top