Menu

Pembangunan harus Berorientasi Memajukan Daerah

  Dibaca : 328 kali
Pembangunan harus Berorientasi Memajukan Daerah
RAPAT— Bupati Sijunjung, Benny Dwifa dan Ketua TP PKK Ny. Riri Benny Dwifa membahas persiapan Pemkab Sijunjung menjadi kabupaten sehat bersama OPD dan pihak lainnya.

SIJUNJUNG, METRO
Pemkab Sijunjung sedang mempersiapkan untuk menjadi kabupaten sehat dalam penilaian swasti saba wisatara III tahun 2021. Bupati Sijunjung Benny Dwifa menegaskan, penerapan program dan isu untuk itu harus melibatkan masyarakat secara langsung. Artinya, pesiapan menuju Sijunjung sebagai kabupaten sehat terwujud secara otentik dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Untuk mencapai swasti saba wistara itu, Benny menjelaskan butuh komitmen dan kerjasama seluruh pihak, bukan hanya dari pemerintah daerah. Ia juga meminta setiap pengurus Forum Kabupaten Sehat Sijunjung, mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga pokja nagari dan desa untuk mempersiapkannya.

“Kabupaten Sehat merupakan suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Hal itu dicapai melalui terselenggaranya program-program yang terintegrasi baik antara pemerintah dan masyarakat. Hal yang terpenting adalah masyarakat benar-benar merasakan manfaat dari program tersebut,” tutur Benny.

Benny menegaskan, orientasi dari setiap kegiatan pembangunan adalah untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Bahkan hal itu yang menjadi dasar untuk melakukan pembenahan pada sektor pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan adalah hal dasar dan sudah kewajiban bagi pemerintah. Kita beranjak dari sana untuk membenahi pembangunan di Sijunjung. Apapun kegiatan pembangunan, yang terpenting masyarakat merasakan manfaatnya. Kita targetkan swasti saba wistara, artinya masyarakat harus benar merasakan bahwa Sijunjung merupakan kabupaten yang sehat dan nyaman. Itu orientasinya,” jelas Benny.

Katnay, dengan melibatkan masyarakat secara langsung, maka akan muncul kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Kini isu-isu kesehatan tidak lagi hanya menjadi tanggung jawab medis dan tenaga kesehatan saja, tetapi masyarakat memiliki peran utama dalam mewujudkan kabupaten sehat.

Selain itu penekanan angka stunting di Sijunjung harus dilakukan, di mana saat ini berada pada kisaran 23,6 persen. “Kita menargetkan dan terus menekan angka stunting ini. Salah satunya melalui program ODF. Jangan ada lagi masyarakat yang tidak punya akses sanitasi. Instansi terkait mohon untuk selalu memperhatikan hal tersebut ditengah masyarakat,” ujar Benny. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional