Menu

Pembangunan Gedung Sentral Rendang Rp.28 M Diawasi Berlapis

  Dibaca : 114 kali
Pembangunan Gedung Sentral Rendang Rp.28 M Diawasi Berlapis
SENTRAL RENDANG— Gedung sentral rendang dibangun di Kototangah, dengan dana Rp28 miliar untuk meningkatkan kualitas rendang UMK Padang.

UJUNGGURUN, METRO–Kota Padang mendapat kucuran anggaran dari Pe­me­rintah Pusat, untuk mem­bangun gedung sen­tral rendang pada tahun 2021. Dana sebesar Rp28 miliar disediakan, agar gedung dua lantai tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pela­ku usa­ha ­kecil menengah (UKM).

Latar belakang di­ba­ngun­nya gedung sentral ren­dang di Ke­cama­tan ­Kototangah adala­h, karena usulan dari Pemko Padang sejak tahun 2017. Setelah beberapa tahun berjalan, akhirnya disetujui Kemen­perin, sehingga pem­bangu­­­nannya dimulai per­tenga­han tahun ini.

Kepala Bidang Cipta Ka­rya Dinas Pekerjaan Umum­ dan Penataaan Ruang ­(PUPR) Kota Padang Well F Sanora mengatakan, dana sebesar itu berasal dari DAK (dana alokasi khu­sus)­Kementerian Per­in­dus­trian (Kemenperin), yang diper­gunakan untuk dua ke­gia­tan. Masing-ma­sing pagu anggaran Rp24 miliar digu­nakan untuk pembangu­nan gedung dan pagu dana sebesar Rp4 miliar untuk peralatan.

“Di sekitar kawasan ge­dung sentral rendang itu merupakan lokasi prioritas pengembangan pariwisata dan ekonomi Kota Padang. Dasar itulah Kemenperin menyetujui usulan dari Pem­ko Padang untuk mem­­­­ba­ngun gedung ini,” katanya. Jumat (6/8).

Ia menjelaskan, tidak hanya gedung sentral ren­dang saja, Pemko Padang juga pada tahun ini sebut Well juga mengusulkan pembangu­nan home ­pac­ka­ging (ru­mah penge­ma­san), untuk pengemasan rendang dan tempat pe­nge­masan UKM lainnya.

Pengusulannya sudah diajukan Wali Kota Padang sebesar Rp15 miliar lagi untuk pembangunan ­home ­pac­kaging beserta pe­ra­latan lengkap, serta anggaran sebesar Rp 17 miliar lagi, untuk finishing bangunan serta lanscape sentral rendang.

“Nantinya, semua UKM­ Kota Padang diren­ca­na­kan akan mengemas barang dagangan mereka disana. Total usulan ada sekitar Rp32 miliar. Sama-sama berdoa kita agar tahun besok dikucurkan dari pu­sat,” kata pria yang juga pencinta olahraga tarung derajat ini

Untuk pengawasan pem­­­bangunan disebutkan Well, pihaknya beker­ja­sama dengan Kejari Pa­dang sebagaipengawas internal sekaligus pendam­pingan serta Aparat Pe­nga­was Internal Peme­rintah (APIP) Inspektorat dan Konsultan Supervisi.

“Kerja sama ini kita la­ku­lan, agar proyek bisa ber­jalan sesuai dengan mutu pekerjaan yang diha­rap­kan. Mudah mudahan pe­kerjaan berjalan dengan baik. Mohon doa dan du­kungan masyaralat Kota Pa­dang,” pungkasnya.­(hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional