Close

Pembalap Astra Honda Veda Ega Bertemu Jokowi

BERTEMU PRESIDEN— Veda Ega Pratama dan Mario Suryo Aji berfoto bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan para pebalap MotoGP di Istana Kepresidenan RI.

JAKARTA, METRO–Dua pembalap Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Veda Ega Pratama dan Mario Suryo Aji mendapat kesempatan berharga bergabung de­ngan 18 pembalap dunia untuk bertemu dan melakukan foto bersama dengan Presiden Republik Indo­nesia(RI), Joko Widodo di Istana Merdeka, dilanjutkan dengan berkendara bersama dalam Parade MotoGP Mandalika 2022.

Menyambut gelaran MotoGP seri kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, 18-20 Maret 2022, Veda pebalap binaan AHM asal Wonosari, Yogyakarta, Ve­da Ega Pratama tampil pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 dan Mario berlaga di GP Moto3 bersama Honda Team Asia.

Parade MotoGP Mandalika 2022 diselenggarakan pemerintah Indonesia bersama penyelenggara MotoGP yaitu Dorna Sport. Dilepas Presiden Joko Wi­dodo dari Istana Kepre­sidenan, sebanyak 16 pebalap MotoGP seperti Marc Marquez dan Pol Espargaro, 2 pebalap GP Moto2, 1 pebalap GP Moto3 yakni Mario Suryo Aji dan 1 pebalap IATC Ega Pratama berkendara mengelili­ngi beberapa jalan utama di Ibukota yang disambut dengan antusias oleh ma­syarakat di sepanjang rute. Rombongan Parade MotoGP melintasi Jalan Merdeka Utara, kemudian melewati Jalan MedanMerdeka Barat, berlanjut menyusuri Jalan MH Thamrin, hingga berakhir di Hotel Kempinski.

“Kita punya pebalap Indonesia seperti Mario di GP Moto3. Harapannya, semoga dapat terus naik hingga ke MotoGP,” ujar Presiden Indonesia Joko Widodo sesaat setelah melepas rombongan Parade MotoGP Mandalika 2022.

Veda yang kini berusia 13 tahun menjadi pebalap termuda pada Parade MotoGP Mandalika 2022. Pebalap jebolan Astra Honda Racing School ini berkendara menggunakan motor sport Honda CBR250RR tipe SP QS produksi pabrik AHM di Karawang, Jawa Barat. Dengan racing suit lengkap yang biasa dia gunakan saat balapan di sirkuit, Veda terlihat percaya diri mengendarai se­peda motor yang mengusung DNA Total Control CBR Series.

Pebalap asal Wonosari ini mengungkapkan rasa bangganya dapat menjadi bagian dari kegiatan bersama para pebalap dunia untuk mewakili Indonesia. “Saya senang sekali dapat kesempatan bertemu langsung dengan Bapak Presiden, ditambah saya bisa berkendara  bersama para pebalap hebat MotoGP di Parade MotoGP Mandalika. Pengalaman tak terlupakan dan yang akan menjadi penyemangat saya meniti karir menjadi pebalap ke­las dunia, membanggakan Indonesia di dunia balap internasional,” ujarnya.

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya me­ngapresiasi gelaran Parade MotoGP Mandalika 2022 yang diharapkan da­pat semakin meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga balap di Indonesia dan juga memperkuat semangat juang pebalap binaan AHM da­lam memberikan prestasi terbaiknya di sirkuit Mandalika akhir pekan ini.

”Keikutsertaan Veda sebagai pebalap binaan AHM dan juga Mario yang kami hantarkan menuju kejuaraan dunia tahun ini diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi mu­da, khususnya para peba­lap berbakat Tanah Air, untuk terus bersemangat me­wujudkan mimpi membanggakan Bangsa Indonesia,” kata Andy.

 Konsistensi komitmen AHM untuk melahirkan bibit pebalap muda membanggakan telah dijalankan sejak tahun 2010 de­ngan melatih pebalap mu­da bertalenta melalui pembinaan berjenjang dan terstruktur. Tahapan pembinaan dimulai sejak usia dini di bawah 14 tahun melalui program Astra Honda Ra­cing School (AHRS) serta pebalap dari berbagai da­erah juga diwadahi melalui gelaran balap bertajuk Honda Dream Cup (HDC).

Tahun ini, AHM menurunkan empat pebalap belia di ajang IATC 2022. Veda juga ditemani Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto, dan Muhammad Dyandra Trihardika. Pada seri perdana minggu lalu (6 Maret) di Lusail International Circuit, Qatar, para pebalap binaan AHM tampil cukup cemerlang. Prestasi perdana yang membanggakan dan menjanjikan, Veda berhasil meraih podium ke-3 pada race kedua. Ini menjadi catatan bersejarah baginya, yang pertama kali mengikuti balapan internasional dan berhasil mengibarkan bendera Me­rah Putih di depan jutaan pasang mata dari mancanegara.

Pada akhir pekan ini, Veda dan tiga pebalap Indonesia lainnya akan ber­laga pada ajang Idemitsu ATC putaran kedua yang diselenggarakan di Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB. Sementara itu, Mario Suryo Aji yang merupakan lulusan AHRS saat ini sedang melanjutkan karir balap­nya menjadi pebalap Honda Team Asia (HTA) serta menjadi satu-satunya pebalap muda Indonesia yang terjun pada ajang Moto3 World Championship juga akan berlaga pada akhir pekan ini. Menjadi tuan rumah serta dukungan masyarakat untuk lima pebalap Indonesia, menjadi motivasi untuk dapat mengibarkan bendera Merah Putih di sirkuit Mandalika. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top