Close

Pembagian THR Dimajukan 5 Hari, Anggota Koperbam Histeris

SERAHKAN—Keua Koperbam Chandra didampingi Sekretaris Nursal Uce SH serahkan paket Lebaran Idul Fitri kepada seorang KRK untuk selanjutnya dibagikan kepada anggota (firman akhmadi/posmetro)

PADANG, METRO  -Bak menyandang niro di musim kemarau, Niro disandang rasa haus datang mendera. Saat panas terik menerpa tubuh, tiba tiba ada saja pertolongan datang untuk menghapus dahaga. Setidaknya inilah yang dialami oleh ratusan anggota TKBM Koperbam Pelabuhan Telukbayur, Jumat (24/5) kemarin.

Rencana Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1440 H yang jatuh Rabu (5/6 hingga Kamis (6/6) anggota Koperasi Bongkar Muat Pelabuhan Telukbayur dibagikan pada Rabu (29/5) ternyata pengurus mengambil kebijakan yang sangat tepat. Alhasil, lebih kurang tiga jam kantor Koperbam yang terlertak di Jalan Tanjung Periuk, Telukbayur itu dilepung ratusan anggotanya yang akan mengambil THR.

”Secara tak terduga, pembayaran dilakukan maju lima hari dari rencana semula. Alhmadulillah ya Allah SWT, engkau tunjukan jalan terbaik bagi pengurus Koperbam,” ujar Kepala Regu Kerja (KRK) Rostian (58), dengan mata berkaca kaca kepada POSMETRO kemarin saat membagikan THR kepada 12 orang anggotanya kemarin.

Dikatakan Rostian, seperti kita ketahui kondisi ekonomi saat ini yang sangat sulit, diperparah tak berharganya nilai rupiah. Apalagi saat bulan suci Ramadhan yang banyak mengeluarkan uang.

Belum lagi Lebaran Idul Fitri 1440 H yang makin dekat. Tentu saja kita sebagai orangtua atau sebagai kekek dari mereka harus mempersiapkan segala sesuatunya.

Nah, ditengah perasaan serba galau ini, ternyata saya dapat kabar dari teman bahwa pengurus membagikan THR hari Jumat (24/5) di kantor. Mendapatkan kabar tersebut saya langsung menghubungi rekan rekan.

”Bak gayung bersambut, dalam hitungan menitb saja, ternyata kantor Koperbam sudah diserba anggota lainnya.

“Alhamdulillah, pengurus sangat peduli dengan anggotanya. Pengurus mempecepat pembayaran THR,’ ujar Rostian, dengan suara serak.

Begitu juga Masrial , KRK lain yang tak bisa menyimpan rasa suka citanya dengan mata berkaca kaca.

“Yach,, pengurus sudah dihati anggotanya. Tinggal saja, anggota harus bekerja dengan cekatan,” kata Masrial.

Dengan cepat tanggapnya Pengurs Koperbam untuk membagikanTHR, secara pribadi memang membuat saya histeris dan berbaghah. Anak anak sedang mamakiak minta baju rayo, eha tiba tiba dapat informasi bahwa pengurus akan membagikan THR hari ini. Bakj petir tunggal di siang bolong, kami langsung mengepung kantor Koperbam.

“Alhmadulillah, lihat saja hasilnya. Kami mambaok pulang,” kata Masrila penuh dengan bahagianya.

Ketua Koperbam Chandra, didampingi Sekretaris Nursal Uce M, SH, kepada POSMETRO mengatakan, ketentuan mengenai pembayaran THR tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.6 Tahun 2016, Pasal 5 ayat 4 menyatakan bahwa pembayaran THR paling lambat adalah H-7 Hari Raya.

Sebagai contoh, dengan perkiraan jatuhnya Hari Raya Idulfitri pada tanggal 5 Juni 2019, artinya pembayaran THR paling lambat adalah tanggal 29 Mai 2019.

“Berhubung persiapan kita mencukupi, maka pembayaran THR kepada 721 anggota Koperbam dan 62 KRK kita segerakan membayaranya. Selain itu kepada anggota yang sudah meninggal dunia pada tahjun 2019 ini penguirus akan memberikan uang santunan,” ujar Chandra.

Dikatakan Chandra, kita sangat memahami kondiisi ekonomi saat ini. Maka pembayar THR sebanyak Rp1 juta masing maisng anggota, dua kilo gula, dua kilo tepung, mantega dan sirup langsung kita serahkan kepada mereka.

“Kepada anggota Koperbam bahwa THR itu hendaknya tepat sasaran. Jangan digunakan untuk hal yang tak berfaedah, gunakanlah THR untuk persiapan Lebaran,” ingat Chandra, Wakil Ketua Inkop Indonesia ini. (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top