Close

Pemandu Wisata Dilatih di Batusang­kar

SAMBUTAN—Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana saat berikan sambutan membuka Pelatihan Pemandu Wisata Budaya yang dilaksanakan oleh Kepariwisataan Kabupaten Tanah Datar, Jumat (15/10) di Batusangkar.

TANAHDATAR, METRO–Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana membuka Pelatihan Pemandu Wisata Budaya yang dilaksanakan oleh Kepariwisataan Kabupaten Tanah Datar, Jum’at (15/10) di Batusang­kar.

Disebutkan Efrison ke­tua panitia, tujuan pelatihan ini diharapkan terjadi peningkatan sumber daya dan peran serta masya­rakat dalam pengemba­ngan dan pengelolaan Kepariwisataan Kabupaten Tanah Datar.

Sementara itu Sekda Iqbal mengungkapkan, ke­giatan seperti hari ini didu­kung Pemerintah Daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJ­MD) Tanah Datar 2021-2026.

”Dukungan pemerintah disamping RPJMD juga tertera dalam Misi ke-4 Kabupaten Tanah Datar yaitu Pembangunan Pariwisata berkelanjutan yang berbasis adat, budaya dan sumber daya alam,” ujarnya.

Iqbal menambahkan, masa pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan pe­nurunan kunjungan Wisa­tawan ke tempat wisata Kabupaten Tanah Datar secara drastis.

”Pandemi Covid-19 sa­lah satu faktor utama penurunan kunjungan wisa­ta­wan di Indonesia, namun dengan kondisi Tanah Datar sudah masuk level 2, kita sudah dapat menggelar berbagai iven dan mem­buka tempat wisata tetapi sesuai dengan protoko kesehatan yang ke­tat,” katanya.

Disebutkan Iqbal lagi, Pemerintah Daerah mengharapkan dengan kegiatan pelatihan ini mampu memberikan bimbingan pe­ne­rangan dan petunjuk tentang destinasi wisata, se­hingga pemandu juga bisa di sebut ujung tombak dalam pengembangan pa­riwisata ataupun objek wisata.

”Suksesnya seorang pemandu wisata, ketika ia membuat perjalanan wi­satawan lebih menyenangkan dan membuat pengunjung ingin mengulangi perjalanan wisatanya lagi, ka­renanya tingkatkan profesionalitas dan kualitas pe­layanan,” pungkasnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top