Menu

Pemain Asal SumbarResmi Gabung Klub Cheongju FC Korsel

  Dibaca : 164 kali
Pemain Asal SumbarResmi Gabung Klub Cheongju FC Korsel
Muhammad Iqbal fose berkostum Cheongju FC

Setelah Asnawi Mangkualam, klub Korea Selatan lain­nya membera­ni­kan diri men­da­ratkan pemain asal Indonesia. Kali ini, Mu­ham­mad Iq­bal telah be­nar-benar resmi menjadi bagian da­ri klub asal Korea Selatan, Cheongju FC. Iqbal kembali diumumkan oleh Cheongju via akun Instagram resmi mereka pada Ka­mis, (3/6) kemarin.

Sebenarnya ke­pas­tian bahwa Iq­bal gabung Cheong­­)ju sudah dibeber­kan pada awal Mei, namun sang pe­main harus lebih dulu menjalani rangkaian tes, dan memang sudah ikut berlatih sejak awal tahun.

Iqbal sendiri baru ber­kesempatan gabung dalam daftar skuad Cheongju pada paruh musim kedua kompetisi Korea Selatan. Iqbal punya rekam jejak sebagai pemain timnas Indonesia U-19, dan sem­pat mengalami cedera.

Pemain asal Su­ma­tera Barat tersebut tak lantas terpuruk ketika dirinya di­vo­nis cedera lutut, Iqbal berusaha untuk pulih dan terus mencoba mengem­bali­kan performanya, hing­ga kini berkesempatan gabung Cheongju.

Iqbal juga pernah mera­ sakan trial di klub Turki, Antalyaspor, pada tahun lalu. Iqbal terga­bung de­ngan timnas Indonesia U-19 ketika era pelatih Indra Sjafri, satu angkatan de­ngan Egy Maulana Vikri dan As­nawi Mangkualam.

Sudah beberapa bu­lan di Korea Selatan, Iqbal sudah lebih siap dengan kondisi di sana. Karena meski belum bisa didaf­tarkan, Iqbal tetap mulai berlatih dengan klub sejak April lalu. Bahkan sempat ke sana bersama Dallen Doke, pemain Per­sita Tan­gerang.

“Di Korea Selatan be­lum membuka periode pen­­daftaran pemain, jadi kami berlatih menyesuai­kan diri dan menunggu paruh kedua,” beber Iqbal, ketika dipastikan bakal jadi bagian Cheongju musim ini, pada Mei lalu.

Mulyawan Munial sela­ku manajer Iqbal, dan so­sok yang membantunya bangkit, mengatakan bah­wa kontrak setahun dibe­rikan Cheongju kepada eks Persika Karawang terse­but. Meski Cheongju ber­main di kasta bawah, na­mun mereka merupakan klub yang punya komitmen maju dan fasilitas bagus.

Pemain kelahiran 16 Juni 2000 ini pun tak sabar dapat meraih kepercayaan pelatih Cheongju FC untuk diturunkan dalam laga lan­ju­tan Liga 3 Korea Selatan.

Setelah resmi terdaftar sebagai skuad Cheongju FC, Iqbal memiliki tekad kuat untuk menembus pilar utama.

Lebih lanjut, Iqbal juga mengharapkan ada orang Indonesia yang datang ke stadion untuk memberikan dukungan kepadanya.

“Saya ingin menjadi pemain utama di Cheong­ju. Saya sangat menan­tikan dukungan dari orang Indonesia untuk datang ke stadion,” kata Muhammad Iqbal, dikutip dari kanal YouTube klub.

Setelah sekitar satu bu­lan berada di Korea Sela­tan, Iqbal mulai bera­dap­tasi dengan cuaca di sana.

Gelandang berusia 20 tahun itu mengaku nyaman tinggal di Cheongju. Apa­lagi saat ini cuaca di sana mirip dengan cuaca di Indonesia.

Adapun faktor lain yang menyebabkan Iqbal betah di Cheongju, ialah respons rekan-rekannya di klub yang menyambut ha­ngat kedatangannya.

“Saya sangat menyukai kehidupan di Cheongju ka­re­na saat ini musim di Cheong­ju sama dengan musim di Indonesia,” ujar Iqbal.

“Saya sangat menyukai kehidupan di sini karena semua pemain merespons kedatangan saya di sini,” ucapnya menambahkan.

Adapun Muhammad Iqbal menjadi pemain Indonesia kedua yang ber­karier di Korea Selatan se­telah Asnawi Mangkualam yang bergabung ke klub Ansan Greeners.

Meskipun sama-sama berkarier di Korea Selatan, bedanya Asnawi bersama Ansan Greneers di kasta kedua sedangkan Iqbal dengan Cheogju FC di kasta ketiga.

Tahun 2020, diketahui Muhammad Iqbal pernah menjalani masa uji coba alias trial pada salah satu klub besar Liga Turki, An­tal­yaspor. Namun Muhammad Iq­bal menjadi pemain  salah satu klub eropa tersebut.

Tentang Cheongju FC

Cheongju FC berdiri sejak tahun 2002, dan boleh dibilang masih hijau. Me­reka berbasis di kota Cheong­­ju, dan kini mentas di K League 3 atau divisi ketiga Korea Selatan.

Sebelum bernama Cheong­ju FC, klub ini sem­pat bernama Shungju Sol­veig dan berada di kom­petisi amatir Liga Korea Selatan. Hingga pada 2009, Cheongju FC gabung de­ngan K-League.

Prestasi Cheongju sela­ma berpartisipasi dengan K League 3 boleh dibilang cukup menarik dan bisa jadi kompetitor untuk promosi. Dua kali mereka masuk babak play-off, meski gagal untuk promosi ke divisi atas.

Musim lalu, Cheongju FC finis di posisi ke-10 K-League. Mereka mengum­pulkan 34 pertandingan sepanjang kompetisi.

Musim ini, klub yang bermarkas di Cheongju Stadium itu dilatih oleh Seo Won-sang. Sekarang, Cheong­ju FC berada di posisi kesembilan K-Lea­gue 3 dengan 7 angka. Dari enam laga, Cheongju meraih 1 kemenangan dan empat hasil imbang. (*/rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional