Menu

Pelewaan Wali Kota PAW, DPRD Tunggu SK Mendagri

  Dibaca : 121 kali
Pelewaan Wali Kota PAW, DPRD Tunggu SK Mendagri
Syafrial Kani, Ketua DPRD Kota Padang,

SAWAHAN, METRO
Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani mengatakan pelantikan Hendri Septa dari Plt wali kota menjadi Wali Kota Padang defenitif saat ini masih menunggu keluarnya Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri.

“Setelah SK Mendagri keluar maka proses pelantikannya akan dilakukan oleh Gubernur Sumbar yang merupakan perwakilan pemerintah pusat di daerah,” ujar Syafrial Kani, Selasa (2/3).

Ia mengatakan, setelah wali kota dilantik oleh gubernur, untuk proses pelewaan di DPRD masih menunggu tata tertib yang berlaku. Apakah akan ada pelewaan atau tidak di dalam tatib masih belum diakomodir dan perlu disesuaikan.

Di sisi lain, jika Hendri Septa diresmikan menjadi wali kota, maka akan terjadi kekosongan untuk jabatan wakil wali kota. Dan, untuk mengisi jabatan wawako ini, menurut Syafrial, yang berhak untuk mengusung adalah yaitu partai pengusung pasangan kepala daerah ini, yakni PAN dengan PKS.

“Kita berharap kepada dua partai pengusung agar bisa memilih kader-kader terbaiknya yang nanti akan dipilih dan ditetapkan di DPRD Padang sebagai wakil wali kota,” tuturnya.

Ketua DRPD juga berharap kepada Wako definitif nantinya agar bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di Padang bersama DPRD Padang. “Kita minta komunikasi antara DPRD dengan pihak eksekutif terus berjalan, jangan sampai terputus hubungan komunikasi, kalau itu terputus harapan masyarakat juga akan terputus,” kata Syafrial yang juga Koordinator Komisi IV DPRD Padang ini.

Sementara itu, terkait mekanisme pengunduran diri wako Padang, ketika sudah ada SK Gubernur maka secara UUD, sudah berhenti menjadi wali kota. “Artinya, diberhentikan secara paripurna atau tidak sebenarnya tidak terlalu berpengaruh karena secara aturan sudah jadi gubernur,” katanya.

Akan tetapi agar administrasinya lengkap, DPRD berupaya untuk melakukan paripurna pemberhentian Mahyeldi menjadi Wako Padang. “Untuk surat pemberhentian dari Pemko Padang sudah diterima oleh DPRD. Kemudian DPRD telah melakukan rapat bersama pimpinan serta pengambilan sikap oleh DPRD akan diputuskan dalam dua hari ke depan,” pungkasnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional