Menu

Pelayanan PDAM Tak Maksimal, Satu Pekan Air Bersih tak Mengalir di Kecamatan Barangin

  Dibaca : 88 kali
Pelayanan PDAM Tak Maksimal, Satu Pekan Air Bersih tak Mengalir di Kecamatan Barangin
PELAYANAN— Kantor pelayanan PDAM Kota Sawahlunto yang pelayanan dinilai masyarakat belum maksimal.

SAWAHLUNTO, METRO
PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Sawahlunto jelek. Di bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini seharusnya masyarakat Sawahlunto merasakan nikmatnya beribadah dengan khusuk, malah terganggu gara-gara air PDAM tidak mengalir hampir seminggu lamanya. Hal ini membuat masyarakat Sawahlunto, khususnya Kecamatan Barangin, geram dan berteriak karena kekeringan akibat ulah dari PDAM Sawahlunto yang pelayanan tidak maksimal.

Berdasarkan investigasi koran ini di lapangan, nyaris seluruh warga Barangin menjerit karena kekeringan. Ketika dikonfirmasi kepada Dirut PDAM Arif baik melalui telepon seluler dan WhatsApp tidak ada balasan. Dihubungi langsung ke kantornya cuma bertemu karyawannya, di mana karyawan tersebut juga tidak mengetahui kemana pimpinannya pergi.

Kasubag Umum Heni Roza memberikan klarifikasi bahwa selama seminggu ini tidak ada kendala yang berarti sampai air tidak mengalir kerumah warga. “ Untuk peralatan pompa, pipa dan volume air mencukupi. Kami tidak tahu kenapa air tidak mengalir selama hampir seminggu ke rumah warga dan juga selama ini tidak satupun warga yang protes akibat kekeringan,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa mungkin karena rumah -rumah warga berada diketinggian maka air tersebut tidak mengalir. Menurut sebagian warga yang ada di Kecamatan Barangin, bila menyangkut topografi tanah atau wilayah itu bukan suatu hal yang krusial bagi PDAM. Sebab PDAM kan punya wewenang dan anggaran untuk memaksimalkan pelayanan.

Istilahnya secara teknis bisa diselesaikan PDAM. Masyarakat mengeluhkan air cuma dihidupkan dua jam sehari itupun dengan volume kecil dan mengalirnya diluar jadwal yaitu pukul 23.00 WIB- 02.00 WIB setelah air tidak mengalir selama 5 hari. Ini terjadi di wilayah Saringan Lobang Tembok Kecamatan Barangin. Untuk ambil wudhu dan mandi saja tidak mencukupi.

Lain halnya dengan Kelurahan Durian II Kecamatan Barangin air malah sudah tidak mengalir hampir satu Minggu lamanya. Sehingga banyak warga sulit dalam melakukan aktifitas sehari-harinya apalagi di bulan Ramadhan ini.

Menurut hasil pantauan di bak penampungan air PDAM Sawahlunto air yang ada debitnya cukup untuk mengairi berbagai daerah yang ada di Kecamatan Barangin sesuai jadwalnya. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional