SOLOK, METRO–Pelayanan terhadap masyarakat merupakan tolok ukur utama terhadap kualitas kinerja pegawai khususnya di organisasi perangkat daerah (OPD) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok. Untuk itu dinas terkait harus berinovasi dalam memaksimalkan pelayanan. Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra mengatakan, Disdukcapil merupakan salah satu OPD yang paling banyak berhubungan dengan masyarakat, untuk itu semua komponen harus maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik.
”Setiap hari selalu ada masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan dan bisa dibilang Disdukcapil menjadi salah satu OPD paling dekat dengan masyarakat,” ujar Ramadhani.
Untuk itu, ia meminta Disdukcapil untuk selalu membenahi kualitas pelayanan dari waktu ke waktu. Sebab tak jarak Dukcapil dijadikan tolok ukur oleh masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap kinerja pemerintah secara umum.
Selain untuk kepentingan masyarakat, interaksi antara Disdukcapil dan masyarakat juga membantu pemerintah dalam menertibkan data kependudukan.
Data kependudukan akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan, dan menjalankan program pembangunan. Selain itu, juga penting bagi instansi lain seperti KPU dalam penyelenggaraan pemilihan.
”Saya mengimbau Disdukcapil terus bekerja maksimal, semua elemen harus bekerja dari hati terutama yang melayani langsung masyarakat, kerjasama semua lini harus terbangun dengan rapi,” imbau Ramadhani.
Untuk mengupgrade dan merubah sistem serta membentuk karakter kerja sesuai dengan keadaan kebutuhan dan perkembangan zaman saat ini, dinas terkait harus melakukan beberapa pelatihan.
”Sebagai garda terdepan, personil Disdukcapil harus terampil dalam memahami karakter seseorang, memiliki kualitas komunikasi, dan mampu bekerjasama dalam tim serta bisa mencari solusi atas persoalan tanpa melanggar aturan,” ucap Ramadhani. (vko)