Close

Pelayanan Masyarakat Tolak Ukur Kualitas Kinerja OPD Kota Solok

KANTOR DISDUKCAPIL—Sesudut pemandangan aktivitas OPD Disdukcapil di lingkungan Pemko Solok.

SOLOK, METRO–Pelayanan terhadap masyarakat merupakan tolok ukur utama terhadap kualitas kinerja pegawai khususnya di organisasi perangkat daerah (OPD) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok. Untuk itu dinas terkait harus berinovasi dalam memaksimalkan pe­layanan.  Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra mengatakan, Disdukcapil merupakan salah satu OPD yang paling banyak berhubungan dengan ma­syarakat, untuk itu semua komponen harus maksimal dalam memberikan pela­yanan terbaik.

”Setiap hari selalu ada masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan dan bisa dibilang Disdukcapil menjadi salah satu OPD paling dekat de­ngan masyarakat,” ujar Ramadhani.

Untuk itu, ia meminta Disdukcapil untuk selalu membenahi kualitas pela­yanan dari waktu ke waktu. Sebab tak jarak Dukcapil dijadikan tolok ukur oleh masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap kinerja pemerintah secara umum.

Selain untuk kepenti­ngan masyarakat, interaksi antara Disdukcapil dan masyarakat juga membantu pemerintah dalam me­nertibkan data kependudukan.

Data kependudukan a­kan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam me­ngambil kebijakan, dan men­jalankan program pem­bangunan. Selain itu, juga penting bagi instansi lain seperti KPU dalam penyelenggaraan pemilihan.

”Saya mengimbau Disdukcapil terus bekerja mak­simal, semua elemen harus bekerja dari hati terutama yang melayani langsung masyarakat, kerjasama semua lini harus terbangun dengan rapi,” imbau Ramadhani.

Untuk mengupgrade dan merubah sistem serta membentuk karakter kerja sesuai dengan keadaan kebutuhan dan per­kem­bangan zaman saat ini, dinas terkait harus melakukan beberapa pelatihan.

”Sebagai garda terdepan, personil Disdukcapil harus terampil dalam memahami karakter seseorang, memiliki kualitas komunikasi, dan mampu bekerja­sama dalam tim serta bisa mencari solusi atas persoalan tanpa melanggar aturan,” ucap Ramadhani. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top