Menu

Pelayanan Dukcapil Aplikasi Online Dievaluasi

  Dibaca : 123 kali
Pelayanan Dukcapil Aplikasi Online Dievaluasi
Muhammad Fadhly

PDG.PARIAMAN, METRO
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly menyatakan dinasnya telah setahun melaksanakan pelayanan online dan aplikasi berbasis destop.

“Karena itulah kita sekarang perlu melakukan mengevaluasi kegiatan tersebut,” kata Muhammad Fadhly, kemarin.

Katanya, aplikasi ini diluncurkan pada bulan September 2019 lalu, jauh sebelum munculnya pandemic Covid-19, aplikasi ini telah digunakan masyarakat. Dikatakan, pengguna internet yang ada di kabupaten Padangpariaman yang didominasi oleh kalangan muda.

Memberikan kontribusi meningkatnya pengguna layanan yang mencapai lebih dari 30.000 (tiga puluh ribu) pengguna setelah setahun diluncurkan dengan lebih dari 54.000 (limapuluh empat ribu) permohonan layanan.

Muhammad Fadhly menjelaskan, proses drastisnya peningkatan pengguna layanan tidak terlepas dari dukungan semua stakeholders dengan segala tantangan yang dihadapi.

Selaku leading sector pembangunan layanan ini, Dinas Dukcapil Padangpariaman merangkul berbagai pihak untuk menjalankan program inovasi ini agar berjalan dengan baik.

Mulai dari penyedia jaringan Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Nagari.

“Semua stakeholders memberikan kontribusi yang cukup signifikan. Inovasi ini berjalan karena kita semua. Pelaksana pelayanan yang paling memberikan dampak kemudahan bagi masyarakat adalah pemerintahan nagari. Oleh sebab itu, menjadikan nagari sebagai pusat pelayanan publik yang dekat dengan masyarakat adalah hal penting dalam program ini,” jelas Muhammad Fadhly.

Pasca diluncurkannya inovasi ini, Disdukcapil menyusun langkah-langkah pelaksanaan inovasi mulai dari penyiapan sarana prasarana pelayanan serta penyiapan sumber daya manusia yang akan menjalankan inovasi.

Sebanyak 103 nagari mengikuti pelatihan pengenalan aplikasi, pelatihan penggunaan aplikasi dan penyediaan media konsultasi bagi nagari yang mengalami kendala dalam menjalankan aplikasi.

Sosialisasi layanan online Dukcapil Ceria Mobile dilakukan pada berbagai media mulai dari media dalam bentuk kertas sampai kepada media online.

Sistem informasi pelayanan publik melalui website resmi Dinas Dukcapil Padang Pariaman juga menyajikan e-service dan informasi-informasi pelayanan online yang dilengkapi dengan standar pelayanan dan pengenalan serta instalasi aplikasi. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional