Menu

Pelayanan di Kantor Disdukcapil Tutup, Warga Kesulitan Mengakses secara Online

  Dibaca : 123 kali
Pelayanan di Kantor Disdukcapil Tutup, Warga Kesulitan  Mengakses secara Online
TUTUP SEMENTARA— Kantor Disdukcapil Padang sepi dari warga yang mengurus adminduk karena ditutup sementara. Penutupan hanya dilakukan sampai menunggu hasil tes swab ASN.

SUDIRMAN, METRO
Sebagai antisipasi mencegah penularan Covid-19, Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang ditutup sementara. Meski perkantoran ditutup, pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bisa tetap dilakukan secara online.

Dari pantauan POSMETRO di Disdukcapil Padang di Jalan Sudirman, Selasa (1/9) terlihat kondisi perkantoran sepi dan sunyi. Tidak terlihat satupun orang, baik itu dari pegawai kantor maupun warga Kota Padang.

Kondisi dan suasana kantor pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) tersebut tidak seperti sedia kala. Biasanya kondisi berdesakan, riuh, dan dipadati oleh warga yang mengurus adminduk. Namun, sejak ditutup, kantor tak berpenghuni.

Di depan kantor tersebut terpasang spanduk pengumuman, yang menyatakan bahwa penutupan sementara ini berlaku hingga Kamis (3/9). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19. Pelayanan Disdukcapil, akan dibuka kembali Jumat (4/9).

Salah seorang warga Belimbing yang hendak mengurus surat adminduk, Rahma Fitri (34) yang berniat mengurus adminduk mengaku baru tahu jika kantor Disdukcapil tutup. Ia mengaku tidak bisa mengakses melalui online, dan berniat bertanya ke bagian pengumuman.

“Baru saya sampai di pagar, sudah ada pengumuman bahwa kantor tutup sementara. Niat saya ingin bertanya dan mengurus langsung soal pembuatan akte kelahiran anak saya yang sulit diakses melalui online,” ungkap wanita berhijab itu.

Hal senada dikatakan, Joni (37). Karyawan swasta itu harus balik kanan karena tutupnya kantor Disdukcapil. “ Saya hendak mengurus akte kelahiran anak saya. Tidak tahu bahwasanya kantor Disdukcapil tutup. Mau gimana lagi terpaksa harus ditunda dulu. Mungkin mau mencoba jalur online pendaftarannya, mudah-mudahan tidak ada kendala,” ungkapnya.

Terpisah dikonfirmasi, Kepala Disdukcapil, Muji Susilawati membenarkan bahwa kantor Disdukcapil ditutup sementara. Penutupan hanya dilakukan sampai menunggu hasil tes swab ASN. Dimana, seluruh ASN dan karyawan di Disdukcapil telah melakukan tes swab pada Jumat (28/8) lalu.

“Jadi tes swab yang kami lakukan bukan berarti sudah ada yang terpapar virus, namun untuk mencegah penularan khususnya di lingkungan perkantoran Disdukcapil. Pelayanan adminduk secara tatap muka belum bisa dilakukan, akan tetapi masih tetap bisa melalui online,” tandasnya. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional