Close

Pelatihan DEA Mendukung Progul Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE berharap melalui Pelatihan Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang digagas oleh Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, dapat mendukung percepatan Program Unggulan (Progul) Tanah Datar yakni membuka 1000 lapangan kerja dan wirausahawan.

TANAHDATAR, METRO–Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE berharap melalui Pelatihan Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang digagas oleh Balai Besar Pengem­bangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Me­dan, dapat mendukung percepatan Program Ung­gulan (Progul) Tanah Datar yakni membuka 1000 la­pangan kerja dan wira­usahawan.

Hal itu disampaikan Bu­pati Eka Putra saat mem­buka acara yang dipe­run­tukkan bagi 100 UMKM di Tanah Datar yang telah dimulai dari tanggal 23-24 September 2021 itu, di Aula Hotel Emersia and Resort, Batusangkar, Kamis (23/9).

Tak hanya itu, Bupati Eka juga harapkan UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar memanfaatkan digitalisasi dengan sebaik-baiknya guna me­ningkatkan mutu dari pro­duk yang dihasilkan serta perluasan jangkauan dan wilayah pemasaran, se­hingga mampu menghadapi ketatnya persaingan, seiring dengan diberlakukannya pasar bebas ASE­AN.

Bupati Eka tambahkan, akan melakukan penguatan usaha mikro, kecil dan menengah diantaranya dengan memberi dukung­an fasilitas pembiayaan yang berasal dari perbankan berupa alokasi anggaran pemberian jaminan kredit dalam bentuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun dalam bentuk dana bergulir yang alokasi anggarannya meningkat dari tahun ke tahun.

“Tujuan akhirnya tidak lain agar usaha kecil dan menengah mampu tampil sebagai penyangga pere­ko­nomian nasional melalui sumbangsihnya dalam hal penyediaan lapangan kerja, peningkatan produk domestik bruto, pertumbuhan investasi, dan percepatan pembangunan ekonomi daerah,” ujar Bupati Eka.

Sementara, Kepala B­BP­SDMP Kominfo Medan Irbar Samekto mengatakan DEA terselenggara atas kerjasama BBPSDMP KOMINFO Medan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar serta Diskominfo Tanah Datar.

“Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika meyakini penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini, dapat mendorong peningkatan kualitas pengembangan SDM khususnya dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meraih tingkat daya saing bangsa Indonesia yang lebih baik,” kata­nya.  (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top