Menu

Pelanggar Prokes di Pasaman 561 Orang

  Dibaca : 100 kali
Pelanggar Prokes di Pasaman 561 Orang
Salah seorang warga di Pasaman terpaksa diberi hukuman sosial karena melanggar protokol kesehatan.

PASAMAN, METRO
Sebanyak 561 orang pelanggar protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 terjaring razia selama operasi penegakan peraturan daerah tentang adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kabupaten Pasaman.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Pasaman, Aan Afrinaldi.

“Sampai saat ini berdasarkan data Sipelada (Sistem Informasi Pelanggaran Perda), jumlah pelanggar protokol kesehatan di Pasaman sebanyak 561 orang sejak operasi yustisi ini digelar, pada 20 Oktober 2020,” katanya.

Tim Gakkumdu, yang terdiri atas personel TNI/Polri, Satpol PP dan pihak lainnya telah melaksanakan operasi disejumlah kecamatan di daerah itu. Menyasar pasar-pasar tradisional serta tempat keramaian. Sampai saat ini, kata dia, belum ada yang dikenai sanksi pidana atau kurungan penjara.

“Dari 561 pelanggar itu telah ada sanksi berupa denda uang sebesar Rp 100 ribu, sebanyak 3 orang dan selebihnya kita kenakan sanksi sosial berupa membersihkan fasilitas umum,” kata dia.

Selama operasi penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang AKB tersebut digelar pihaknya menemukan kesadaran warga memakai masker masih sangat rendah.

“Kita akan terus mengelar razia pelanggar protokol kesehatan tersebut hingga pandemi COVID-19 berakhir, tujuannya agar warga menerapkan protokol sehingga penyebaran virus ini dapat ditekan,” katanya. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional