Menu

Pelaku Usaha Pesta Diwajibkan Tes Swab

  Dibaca : 127 kali
Pelaku Usaha Pesta Diwajibkan Tes Swab
Ilustrasi

AIAPACAH, METRO
Pemko Padang wajibkan pelaku jasa pesta untuk jalani tes swab. Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, selama dua minggu pelarangan pesta pernikahan (baralek), pelaku jasa pesta juga akan dites swab tenggorokan.

“Tes swab ini untuk memastikan kondisi pelaku usaha dalam kondisi sehat sebelum nanti pesta perkawinan kembali digelar. Kita wajibkan juga tes swab, ini sesuai dengan deklarasi bersama Asosiasi Jasa Pesta (AJP) Padang,” ujar Hendri.

Hendri menjelaskan, dengan tes swab, bagi pelaksana pesta di Kota Padang bisa patuhi protokol kesehatan nantinya. “Semoga melalui kebijakan-kebijakan yang kita buat diharapkan dapat disikapi masyarakat secara baik. Semuanya demi kita juga dan untuk melindungi warga Kota Padang,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani mengatakan tes swab ini akan dilakukan di pukesmas terdekat.”Disparbud data, nanti kita mulai swabnya mulai Selasa (10/11) atau Rabu (11/11) ini,” sebut Feri Mulyani.

Ia menambahkan, lokasi tes swab akan dilakukan di puksemas tempat tinggal atau tempat usaha. Direncanakan tes swab bagi pelaku jasa pesta berlangsung selama dua minggu ke depan atau sampai Minggu (22/11).

“Lokasi pukesmasnya berdasarkan tempat tinggal atau bisa juga berdasarkan lokasi usahanya,” tandasnya.

Feri Mulyani memastikan pelaku usaha yang positif Covid-19 tidak akan dipublish. Hal ini dilakukan agar usaha para pelaku rumah makan, restoran, kafe maupun jasa pesta tidak terpengaruh atau berkurang konsumen.

Ia mengungkapkan, sampai saat ini sudah lebih 500 orang pelaku usaha rumah makan, kafe, restoran yang dites swab. “Dari jumlah itu ada yang positif, namun kita tidak bisa menyebutkan berapa yang positifnya, kita jamin pelaku usaha yang positif tidak dipublikasikan,” ujar Feri Mulyani.

Feri Mulyani mengatakan swab pelaku usaha secara berkala untuk memastikan kondisinya aman Covid-19. “Walaupun hari ini diswab, tiga bulan lagi akan diswab lagi. Ini bertujuan memastikan pariwisata dalam kondisi aman,” sebutnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional