Menu

Pelaku Usaha Didorong Pasarkan Produk Lewat Online

  Dibaca : 86 kali
Pelaku Usaha Didorong Pasarkan Produk Lewat Online
PELATIHAN— Para peserta dari 40 UMKM di Sumbar mengikuti Pelatihan Vocational Berbasis E-Commerce di Auditorium Mifan Water Park, Rabu (7/10).

PDG.PANJANG, METRO
Padangpanjang dipilih Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk menggelar Pelatihan Vocational Berbasis E-Commerce yang diikuti 40 UMKM di Sumbar, Rabu, (7/10) di Auditorium Mifan Water Park.

Bekerjasama dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN), acara dibuka oleh Wali Kota Padangpanjang, Fadly Amran. Adapun tema pelatihan yakni KUMKM Eksis dan Mampu Beradaptasi Pada Masa Pandemi dan New Normal Covid-19. Acara berlangsung selama tiga hari, 7- 9 Oktober.

Turut hadir, Sekretaris Deputi Bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Koperasi dan UKM, Talkah Badrus, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar diwakili Kepala Bidang UKM Nasrizal, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Perdagangan UKM, Arpan, Kordinator ICCN Wilayah Sumbar, Haris Satria, dan Kepala Bank Nagari Padangpanjang, Zulhendri.

Fadly Amran mengatakan, pemasaran secara elektronik atau E-Commerce merupakan cara yang dapat menguntungkan UMKM bila dijalankan dengan benar. Oleh karenanya, ia mendukung pelatihan tersebut. “Sebagai pengusaha jangan berhenti belajar, ketika kita berhenti memperhatikan usaha kita itu, usaha itu tidak akan berevolusi,” sebut Fadly.

Fadly meminta UMKM selalu berfikir tentang inovasi dan perubahan guna menarik pembeli. “Ketika usaha dilakukan dengan luar biasa diiringi dengan doa, maka akan mendapat hasil yang maksimal karena usaha tidak mengkhianati hasil,” bebernya.

Sebagai pengusaha, kata Fadly, harus berjiwa pejuang. Pengusaha harus memikirkan strategi. Begitupun strategi tetap bertahan dimasa Covid-19 ini. Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, Talkah Badrus menyebutkan, pihaknya mendorong UMKM dapat memasarkan produknya secara online.

“Penting sekali bagi UMKM agar mereka bisa memasarkan secara online, paham terhadap E-Commerce ini, itu yang kita dorong, mereka tetap produksi walaupun disituasi pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Ia mengharapkan pemerintah daerah melakukan pendampingan. Pihaknya juga akan melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang diikuti. “Kita harapkan mereka naik kelas dari sisi usahanya, pemasarannya, asetnya dan pemanfaatan tenaga kerjanya,” tandasnya.

Koordinator Indonesia Creative Cities Network (ICCN) wilayah Sumbar, Haris Satria berharap semua peserta pelatihan masuk ke pasar digital. “Diharapkan nantinya produk di pasarkan di pasar digital secara komprehensif sehingga berdampak pada nilai ekonomi dan peningkatan transaksi,” harapnya. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional