Menu

Pelaku UKM di Padang Dapat Ilmu Berjualan Digital

  Dibaca : 129 kali
Pelaku UKM di Padang Dapat Ilmu Berjualan Digital
sebanyak 70 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mengikuti akademi kewirausahaan digital, Rabu (23/6).

PURUS, METRO–Meski orang Padang ­di­anggap pintar berda­gang, akan tetapi tetap saja harus men­dapat bekal. Bekal ba­gai­mana cara mang­galeh ­atau berjualan, terutama di era digital 4.0 ini.  Ber­tem­pat di salah satu hotel ber­bintang di Padang, seba­nyak 70 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mengi­kuti akademi kewira­usa­haan digital, Rabu (23/6).

Mereka diajarkan cara untuk meningkatkan ke­mam­puan memasarkan pro­duk secara digital dari Balai Besar Pengem­ba­ngan Sumber Daya Manu­sia dan Penelitian Komu­nikasi dan Informatika (BBPSDMP) Medan Ke­men­­terian Kominfo.

“Pelatihan kita gelar dua hari di sini untuk me­ningkatkan kapasitas dan daya saing UKM,” sebut Kepala BBPSDMP Medan, Irbar Samekto saat mem­beri materi di depan pelaku usaha.

Pelatihan tersebut me­ru­pakan bagian dari digi­tal talent scholarship Kemen­te­rian Kominfo. Disebutkan Ir­bar Samekto, pelaku UKM mesti mampu ber­adap­tasi dengan kondisi saat ini. Sehingga diharap­kan mampu mema­sarkan produk secara virtual dan meningkatkan kapasitas produksi.

“Pasar dunia virtual perlu digali pengelola UKM sehingga bisa mening­kat­kan penjualan dan pere­konomian,” tuturnya.

 Pelaku UKM di Padang menurut Irbar Samekto cukup potensial. Apalagi saat ini di masa pandemi jadi momentum meman­faat­kan teknologi digital da­lam pemasaran.

Dijelaskannya, pelaku UKM yang hadir sebagai peserta akan dilatih ba­nyak hal. Di antaranya se­perti meningkatkan ke­teram­pilan, membuat de­sain produk hingga mema­sarkan di media sosial. ”Ini juga menjadi momentum bagi pelaku UKM untuk mem­per­lihatkan produk­nya di jagad maya,” ujar­nya.

Sementara, Wali Kota Padang yang diwakili Asis­ten II, Endrizal menyam­but baik pelaksanaan pe­lati­han ini. Menurutnya, pela­tihan ter­se­but sangat dibutuhkan para pelaku UKM. Apalagi saat ini, pela­ku UKM dan siapa saja ha­rus meman­faatkan tekno­logi digital.

“Saat ini baru seba­nyak 12 pelaku UKM di Padang yang menggu­na­kan platform digital pe­ma­saran. Selebihnya belum. Diharapkan setelah ini para pelaku UKM akan meraih untung lebih besar di te­ngah pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Kegiatan selama dua hari itu diisi dengan penga­yaan materi dari sejumlah na­rasumber. Seperti Ke­pala Dinas Kominfo Kota Padang Rudy Rinaldy, Ke­pala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang Syu­han­dra, serta dimoderatori Sekdis Kominfo Padang Titin Masfetrin. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional