Close

Pelaku Ekonomi UMKM di Solok Diharapkan Mampu Bersaing

PRODUK PELAKU UMKM— Wali Kota Solok Zul Elfian meninjau produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Solok yang layak bersaing di pasaran.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok, Zul El­fian mengharapkan, agar usaha ekonomi masyara­kat produktif dapat ber­kem­bang dan bersaing, pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) siap dengan sumber daya ma­nusia (SDM) terutama me­nguasai teknologi informatika. Perkembangan tekno­logi sangat besar pengaruhnya terhadap perkem­bangan usaha masyarakat jika dimanfaatkan.  “Pelaku UMKM harus mampu menjadi eksekutor peningkatan ekonomi didaerah dan ti­dak menjadi penonton da­lam perkembangan yang saat ini menuntut pemanfaatan teknologi termasuk dalam memasarkan pro­duk,” ujar Zul Elfian, kema­rin.

Perlunya penguasaan teknologi bagi pelaku usaha agar usaha ekonomi masyarakat dapat bersaing dipasaran sudah menjadi kebutuhan. Pemko Solok lanjutnya mendukung pelaku usaha diberbagai bidang yang mereka geluti. Salah satu bentuk keseriusan dengan memajukan Kesejahteraan UMKM dan Koperasi di daerah ini.

”Apalagi cukup banyak asosiasi yang didirikan oleh pelaku usaha. Diha­rapkan dengan adanya asosiasi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, mengolah ekonomi potensial menjadi kekuatan ekonomi riil, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Solok,” tambahnya.

Semakin banyak pelaku UMKM merupakan salah satu potensi pertumbuhan ekonomi di Kota Solok. Apalagi kedepannya jika dibangun beberapa mega proyek yang otomatis akan berpengaruh terhadap per­tumbuhan ekonomi masya­rakat.

Namun demikian, ia mengatakan, salah satu kelemahan yang masih dialami oleh UMKM dan koperasi dalam mengembangkan usahanya adalah lemahnya pangsa pasar produk. ?Ketatnya persai­ngan pasar dan banyak­nya jumlah pelaku UMKM yang belakangan ini bermunculan, mendorong sebagian dari pelaku UMKM mulai memutar otak dan mencari strategi baru untuk memenangkan persaingan.

”Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan internet menjadi salah satu akses bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Mu­dahnya sistem pemasaran di internet dan luasnya jang­kauan pasar online membuat para pelaku u­saha menjadikan internet sebagai solusi tepat untuk menunjang perkemba­ng­an usahanya,” kata Zul El­fian.

Menurut dia, untuk meng­hadapi mekanisme pasar yang makin terbuka dan kompetitif, penguasaan pasar merupakan prasyaratan untuk me­ningkatkan daya saing.  Pemko Solok melalui Dinas Koperindak berupaya untuk memfasilitasi kerjasama kemitraan antara pe­laku UMKM dengan pe­ngusaha tingkat provinsi an nasional. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top