Close

Pelaksanaan TMMD Ke-112 di Kabupaten Agam, Prajurit TNI Tidur di Rumah Warga Jorong Siguhung 

TIDUR—Selama pelaksanaan TMMD Ke-112 di Jorong Siguhung, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Prajurit Satgas TMMD tinggal dan menetap selama sebulan di rumah warga.

AGAM, METRO–Selama pelaksanaan TNI Manunggal Memba­ngun Desa (TMMD) Ke-112 di Jorong Siguhung, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Prajurit Satgas TM­MD tinggal dan menetap selama sebulan di rumah warga di jorong tersebut.

Kehadiran Prajurit TNI tersebut justru disambut gembira Warga Jorong Siguhung. Warga tidak me­rasa keberatan, justru me­rasa senang karena setiap hari bisa bercengkerama dengan para prajurit. Apa­lagi prajurit TNI akan hidup berdampingan dengan me­­reka selama sebulan.

Warga menyadari bahwa personil TNI itu di mana pun berada akan menjaga sikap sopan santun dan ramah – tamahnya. Seperti yang tampak di rumah Syahrial, salah seorang Warga Jorong Siguhung.

Suasana baru hadir di tengah kehidupannya karena ditinggali prajurit menjadi hingar-bingar. Hari-hari sebelumnya yang biasanya sepi, kini ramai, penuh tawa dan canda.

“Di sini kami tinggal di rumah Pak Syahrial yang dengan suka cita menerima kehadiran kami. Kami pun tidak ingin merepotkannya dengan bersusah payah menyiapkan segala sesuatu buat kami,” kata Kopda Sarifudin, Kamis (23/9).

Prajurit Satgas TMMD yang tinggal, tidur dan makan di rumah warga merupakan wujud keharmo­ni­san dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.  “Se­tiap hari kami berbaur deng­an warga selepas be­kerja. Kami seperti saudara dan keluarga serta merasa seperti tinggal di rumah sendiri,” ungkap Kopda Sarifudin Satgas TMMD dari Detasemen Perhubungan.

Rehab dan Bangun Kamar Mandi Mushalla

Rehab dan pembangu­nan kamar mandi Mushalla Saidina Ali yang berada di Jorong Siguhung, Nagari Lubuk basung, Kabupaten Agam. mendapat dukung­an penuh dari warga. Karena hal ini sudah lama di dambakan para jamaah mushalla tersebut.

Rehab dan pemba­ngu­nan kamar mandi mushalla ini merupakan program TMMD ke-112 yang dilaksanakan Kodim 0304/Agam tahun 2021.

Tim Satgas TMMD di bawah pimpinan Kapten Rafiola bersama warga melaksanakan kelanjutan pemasangan batu bata dan dilanjutkan pemasangan septi tank kamar mandi mushalla Saidina Ali.

Pasiter Kodim 0304/A­gam, Kapten lnf Khairul Muhammad mengatakan, dalam kegiatan Minggu ke-2 ini Satgas TMMD bersama warga tampak begitu antusias dan semangat. Bahkan, di Minggu kedua ini tampak pengerjaan sudah mencapai 60 persen.

Dengan kehadiran TNI di Jorong Siguhung ini sebutnya, warga merasa nya­man dan bisa saling cerita saat kerja dan saling bercanda, walaupun di bawah terik matahari yang begitu panas. Warga Jo­rong Siguhung, Rizal menyampaikan rasa sukacita atas dilaksanakannya rehab Mushalla Saidina Ali yang memang sudah lama diharapkan.

Mereka selama ini me­rasa kurang nyaman dengan kondisi mushalla yang rapuh. Baik itu atapnya maupun dindingnya dan juga kamar mandi tampak kurang layak dan juga sa­ng­at sempit. Apalagi saat melaksanakan shalat berjamaah. Warga berharap kepada TNI agar saling bersilaturahmi, bukan hanya di momen kegiatan TM­MD saja.(fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top