Menu

Pelaksanaan PPKM Mikro Diterapkan di Kota Pa­dangpanjang, Satgas Dituntut Kawal Aktivitas Warga 

  Dibaca : 53 kali
Pelaksanaan PPKM Mikro Diterapkan di Kota Pa­dangpanjang, Satgas Dituntut Kawal Aktivitas Warga 
RAPAT TEKNIS— BPBD Kota Padangpanjang menggelar rapat teknis membahas penanganan Covid-19 di Kota Padangpanjang.

PDG.PANJANG, METRO–Dimulainya penetapan Pemberlakuan Pemba­ta­san Kegiatan Masyarakat (PPKM-Mikro) di Kota Pa­dangpanjang,  Satuan Tu­gas penanganan Covid-19, (Satgas) dituntut mengawal aktivitas masyarakat di tingkat kelurahan. Hal itu diungkapkan Plt. Kepala BPBD dan Kesbangpol Kota Padangpanjang Zulheri ketika menggelar rapat teknis penangan covid.

Dikatakan Zulheri, Sat­gas Penanganan Covid-19 Kota Padangpanjang me­nin­daklanjuti seluruh kebi­jakan pemerintah pusat melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri No 17 Tahun 2021 yang telah dituangkan dalam Instruksi Walikota No.239 Tahun 2021, mulai Kamis (8/7).

Telah diberlakukannya Penerapan PPKM Mikro di Padangpanjang, kata Zul­heri,  edaran dari kemen­trian telah menjadi acuan satgas dalam melakukan tugas dan fungsi masing masing.

“Seluruh poin dari in­struk­si kita terapkan mulai hari ini. Untuk itu diminta kepada setiap unsur, khu­susnya satgas di tiap-tiap kelurahan untuk dapat be­tul-betul mengim­plemen­tasikan seluruh instruksi ini. Untuk satgas, kami minta untuk selalu mengawasi seluruh aktivitas yang ter­jadi di tengah-tengah ma­syarakat,” ujar Zulheri.

Lebih lanjut, Zulheri mengatakan, mulai hari ini juga akan dilakukan sosia­lisasi PPKM Mikro kepada masyarakat oleh unsur gabungan yang akan dila­kukan BPBD Kesbangpol, Kominfo dan TNI dan Polri. Serta menghidupkan kem­bali posko satgas di Gedung M. Sjafei.

“Kita minta kepada O­PD seperti Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Per­dagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM), dan Bagian Kesejahteraan Rak­yat (Kesra) untuk segera membuat SOP yang sesuai selama masa pemberla­kuan PPKM Mikro ini,” te­rangnya.

Dijalankan Zulheri, se­lama penerapan PPKM, pi­haknya juga menjalin koor­dinasi dengan OPD terkait untuk dapat beker­jasama.

Seperti,  Disperdakop UKM agar segera mengi­rimkan instruksi khusus kuliner dan sarana per­dagangan. Disporapar a­gar memasang spanduk penutupan objek wisata dan menyosialisasikan in­struksi pelaksanaan PPKM ke hotel, ampera, rumah makan dan restoran. Ba­gian Kesra supaya menyo­sialisasikan ke seluruh pe­ngurus masjid/mushalla.

“Cafe dan tempat ma­kan tetap bisa buka de­ngan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Jam operasionalnya mulai pagi hingga jam 20.00 malam, jam 17.00 WIB hingga jam 20.00 WIB tidak ada lagi yang melayani makan ditempat (take a­way),” katanya.

Ditambahkan Zulheri, bagi rekomendasi pelaksa­naan pesta nikah yang sudah terlanjur keluar, un­tuk rentang waktu PPKM mikro, akan ditinjau ulang. Masyarakat bersangkutan akan dihubungi dan diber­i­kan penjelasan. Pihaknya juga tidak akan melakukan penyekatan, tapi lebih difo­kuskan pada penyiagaan di tingkat kelurahan terhadap orang-orang dari luar da­erah yang masuk ke ke­lurahan.

Untuk pendidikan, Zul­heri menjelaskan, pendi­dikan di bawah naungan Kemenag mengikuti sepe­nuhnya kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebu­da­yaan (Disdikbud) Kota Pa­dang­panjang. Kecuali pen­didikan asrama yang san­trinya sudah datang, dii­zinkan tatap muka dengan catatan seluruh santri su­dah swab semua. Sedang­kan untuk pendaftaran u­lang PPDB, diupayakan daring semua atau diatur jum­lah dan waktunya, sehin­g­ga sesuai prokes.

Sementara untuk pe­nye­lenggaraan Shalat Idul Adha dan qurban, perlu diawasi Satgas Kelurahan. Shalat  Idul Adha dise­lenggarakan di masjid de­ngan catatan harus me­matuhi prokes yang berlaku.

Hanya saja, saat ini,  Pemko menghimbau untuk tidak melakukan kegiatan malam takbiran. “Untuk pelaksanaan kurban, kami minta tidak ada kerumunan massa. Tidak ada pem­bagian kurban di masjid, tapi harus diantar panitia ke rumah-rumah,”sebut Zul­heri. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional