Menu

Pelaksanaan PPKM Darurat Seharusnya Dipimpin Menkes, Bukan Luhut

  Dibaca : 65 kali
Pelaksanaan PPKM Darurat Seharusnya Dipimpin Menkes, Bukan Luhut
Emrus Sihombing

JAKARTA, METRO–Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing menilai pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat se­ha­rusnya dipimpin menteri kesehatan, bukan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (LBP).

“Kalau saya berpendapat, seharusnya panglima kita menteri kese­hatan. Jadi, kemen­terian-kemen­terian lain harus supporting,” ucap Emrus saat dihubungi JPNN.­com, Jumat (2/7).

Menurut dia, bi­la pertimbangan memilih Luhut ada­lah posisinya se­bagai menko, itu pun kurang pas lan­taran dia tidak mem­ba­wahi Ke­men­­terian Kese­ha­tan (Kemen­kes).

“Kalaupun LBP sebagai menko, kan dia bukan men­ko di bidang kese­ha­tan. Kesehatan di bawah Menko PMK,” ucap­nya.

Ketika PPKM Da­rurat dikomandani menkes, katanya, ma­ka menterinya juga harus orang yang ahli di bidang kesehatan. Sebab, penanganan Covid-19 membutuhkan pendekatan saintifik.

“Karena yang kita hadapi ini adalah scientific. Covid-19 kan scientific, tidak ada nuansa politik dalam konteks ini. Virus ini kan tidak bisa berpolitik,” ujarnya.

 Namun, Emrus menyadari bahwa menkes yang seharusnya memimpin penanganan pandemi Covid-19 ini bukanlah ahli kesehatan. Diketahui, Budi Gunadi Sadikin merupakan seorang bankir.

“Jadi, waktu penggantinya menteri kemarin (reshuffle, red) seharusnya ahli paru-paru. Kan ini yang diserang paru-paru. Spesialis paru-paru seharusnya menteri kesehatan. Atau paling tidak orang yang ahli virolog,” tutur Emrus.

Walakin hal itu menurutnya bisa disiasati pe­merintah dengan membentuk tim yang diisi para ahli bidang kesehatan.

Dengan demikian, katanya, penanganan pan­demi Covid-19 dilakukan dengan pendekatan yang saintifik. “Paling tepat menteri kesehatan, tetapi (menkes sekarang) bukan background kesehatan, harus dibentuk tim,” ujar Emrus. (mcr8/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional