Menu

Pelaksanaan PPDB SMA dan SMK Dibagi 13 Zona

  Dibaca : 174 kali
Pelaksanaan PPDB SMA dan SMK Dibagi 13 Zona
Adib Alfikri

PADANG, METRO – Penerimaan peserta didik (PPDB) SMA dan SMK serta SLB negeri di Sumbar tahun pelajaran 2019-2020 dilaksanakan di kabupaten dan kota di Sumbar dibagi dalam 13 zona. “Kemudian seleksi PPDB SMA dan SMK dilaksanakan dengan dua seleksi, sistem online dan offline,” ujar Kadis Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, Minggu (23/6).

Dikatakan Adib, penetapan zona 13 zona itu terdiri dari, zona 1 meliputi Kota Bukittinggi dan Agam, Zona 2 meliputi Kota Pariaman dan Padangpariaman, Zona 3 Kota Solok dan Kabupaten Solok, Zona 4 Padangpanjang dan Tanahdatar. Kemudian, Zona 5 Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Zona 6 meliputi Kota Sawahlunto dan Sijunjung, Zona 7 meliputi Dharmasraya dan Zona 8 meliputi Solok Selatan.

Selaanjutnya, Zona 9 Pasaman, Zona 10 Pasaman Barat, Zona 11 Pesisir Selatan, Zona 12 Mentawai, zona 13 Kota Padang. Selain itu, penerimaan calon peserta didik melalui jalur zonasi berdasarkan kabupaten dan kota yang sama dengan asal sekolah dan atau domisili pada jarak terdekat peserta didik dalam zona, dengan kuota 80 persen dari daya tampung satuan pendidikan. Prestasi calon peserta didik dalam jalur zonasi, dengan kuota paling banyak 5 persen dari daya tampung satuan pendidikan. Lalu anak kandung GTK pada satuan pendidikan tempat yang bersangkutan bertugas, dengan kuota paling banyak 5 persen dari daya tampung satuan pendidikan.

Penerimaan calon peserta didik berdasarkan prestasi peserta didik dalam jalur zonasi sesuai dengan, prestasi dalam lomba perorangan yang berjenjang dari tingkat kabupaten dan kota, provinsi, nasional dan Internasional atau prestasi dalam tahfizh. Sedangkan, nilai mata pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada SHUN paling rendah 7.00.

Penerimaan calon peserta didik berdasarkan prestasi peserta didik dalam jalur zonasi ditujukan bagi calon peserta didik yang berdomisili di dalam zonasi satuan pendidikan yang bersangkutan. Dalam hal kuota penerimaan calon peserta didik berdasarkan prestasi dalam jalur zonasi dan anak kandung GTK tidak terpenuhi, sisa kuota dilimpahkan untuk calon peserta didik berdasarkan kabupaten dan kota yang sama dengan asal sekolah dan/atau domisili pada jarak terdekat peserta didik.

Sedangkan, penerimaan melalui jalur prestasi dalam dan luar zonasi berdasarkan pada prestasi dalam lomba perorangan yang berjenjang dari tingkat kabupaten dan kota, Provinsi, Nasional dan Internasional atau oprestasi dalam tahfizh. Nilai mata pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada SHUN yang dimiliki calon peserta didik, paling rendah 7.00.

Jalur prestasi ditujukan bagi calon peserta didik yang berdomisili di luar zonasi Satuan Pendidikan yang bersangkutan. Dalam hal kuota penerimaan calon peserta didik berdasarkan jalur prestasi tidak terpenuhi, sisa kuota dilimpahkan untuk calon peserta didik berdasarkan jalur zonasi.

Jalur perpindahan orang tua dibuktikan dengan surat pindah tugas orang tua/wali atau pindah domisili dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang mempekerjakan atau pejabat yang berwenang. Proses perpindahan tugas atau domisili berlangsung sebelum tahapan pelaksanaan PPDB selesai. Jika jalur perpindahan orang tua/wali tidak terpenuhi, sisa kuota peserta didik berdasarkan jalur perpindahan orang tua/wali dilimpahkan untuk calon peserta didik berdasarkan jalur zonasi.

Sistem seleksi PPDB online, calon yang telah mendaftar diranking jumlah nilai SHUN-nya secara online pada satuan pendidikan pilihan pertama. Calon peserta didik pada satuan pendidikan yang berada dibawah batas lulus pada pilihan pertama, diikutkan seleksi pada pilihan kedua. Calon peserta didik pada satuan pendidikan yang berada di bawah batas Lulus pada pilihan kedua, akan masuk pada pilihan ketiga. Calon yang tidak diterima pada pilihan ketiga dinyatakan tidak diterima. Calon yang diterima jika tidak mendaftar pada jadwal yang ditetapkan dinyatakan gugur. Calon yang tidak diterima dapat mengikuti seleksi tahap 2 pada salah satu satuan pendidikan yang belum terpenuhi daya tampungnya SMA atau SMK.

Seleksi offline peserta didik yang telah mendaftar diranking berdasarkan jumlah nilai SHUN pada Satuan Pendidikan. Pengumuman peserta didik yang diterima dinyatakan dengan batasan kuota daya tampung. Peserta didik yang berada dibawah batas lulus dinyatakan sebagai calon cadangan.

Calon yang diterima jika tidak mendaftar pada jadwal yang ditetapkan dinyatakan gugur. Cadangan dapat mendaftar di satuan pendidikan jika calon yang diterima tidak mendaftar sesuai batas waktu yang ditentukan. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional