Close

Pelaksanaan Piaman Laweh Adventure Team, Pengunjung Ramai, Ekonomi Masyarakat Meningkat

LEPAS—Wali Kota Pariaman H Genius Umar saat melepas perlombaan sepeda motor trail.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman

Lebih kurang 500 Ri­der Trail dalam Provinsi Sumbar serta luar seperti  Riau dan Jambi berantusias mengikuti iven yang di gagas oleh Komunitas Piaman Laweh Adventure Team  ( PLAT W ) dan Komunitas Bebas Adventure Suka-Suka ( BASS ) untuk kedua kalinya di Desa Cubadak Air Kota Pariaman ini. Kegiatan ini dapat memacu masyarakat pengunjung untuk datang ke Kota Pariaman untuk melihat berbagai keindahan alam kota tabuik.

Makanya, berbagai ke­giatan ini perlu dilaksanakan untuk meramaikan Kot Pariaman, sehingga Kota Pariaman semakin ramai dan masyarakat menikmati kemarami ter­sebut. Kenapa tidak, ramai pengunjung datang ke Kota Pariaman otomatis perputaran uang semakin tinggi di Kota Pariaman. saat itulah masyarakat menikmati dengan me­­­­ning­­katkan ekonomi ma­syarakat salah satunya pedagang di semua lokasi objek wisata Kota Pariaman.

Melihat kondisi demikain Walikota Pariaman, Genius Umar mengapresiasi atas terselenggara­nya Iven JAPA-X2 (Jelajah Alam Pariaman Extreme) ke-2 Tahun 2021 di Desa Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.  “Saya sangat me­ngapresiasi kegiatan ini, selain untuk mendukung pariwisata Kota Pariaman juga dapat menunjang geliat UMKM bagi ma­sya­rakat sekitar,” ujar Genius.

Genius merasa terkagum melihat performa para riders saat menaklukan medan yang sulit te­bing yang tinggi dan terjal, “tidak semua orang bisa melakukannya hanya riders yang profesional,” ungkapnya.

Selain itu, saya juga menyaksikan antusiasme masyarakat yang luarbiasa dalam mensukseskan iven ini, meskipun demikian panitia tetap menerapkan dan mengimbau kepada masyarakat yang ha­dir untuk tetap menjaga prokes Covid-19.“Kita berharap, iven semacam JA­PA-Xtrail ini masuk Ka­lender Iven Pariwisata Kota Pariaman tahun 2022 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Panitia JAPA-X2 2021, Roni Asman mengatakan, iven ini digelar oleh Komunitas PLAT W (Piaman Laweh Adventure Team) secara mandiri. “Karena masih dalam pandemi Covid-19, maka panitia membatasi jumlah pesertanya. Para riders di lokal sangat antusias ingin acara ini kembali digelar karena tahun 2020 kema­rin kita absen,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, ma­syarakat sangat suport dalam bentuk ekonomi kreatif dan kita diuntungkan dengan para riders dari berbagai daerah yang menginap di hotel yang ada di Kota Pariaman ini, dengan begitu ini menambah pendapatan bagi da­erah kita ,” tukasnya.

Roni berharap ada pe­ningkatan di iven selanjutnya, dan semakin terjalin kerjasama yang baik de­ng­an pihak pemerintah. Acara ditutup dengan pe­ngumuman pemenang kategori Peserta Terjauh, Off Roader Cilik, peme­nang tanjakan Hadiah khu­sus SE atau Built Up, Tanjakan Khusus KLX dan CRF, Tanjakan Khusus Bebek Goreng atau Rakitan. Pemenang menerima sertifikat, uang tunai dan ha­diah utama 2 sepeda motor. Selain itu juga ada door prise kulkas, mesin cuci dan aksesoril trail.

Sebelumnya, Wakil Wa­­likota Pariaman Mar­dison Mahyuddin secara resmi melepas Iven Trabas JAPA-X2 (Jelajah A­lam Pariaman Extreme) ke-2 tahun 2021 di Desa Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pa­ria­man.  Setidaknya ada 500 Rider Trail dari Provinsi Sumbar, Riau dan Jambi berantusias mengikuti iven yang di gagas oleh Komunitas PLAT W (Piaman Laweh Adventure Team) dan Komunitas BA­SS (Bebas Adventure Su­ka-Suka) untuk kedua ka­linya di Desa Cubadak Air Kota Pariaman ini.

Mardison dalam sambutannya sangat me­nga­presiasi kegiatan tersebut. “Ini sebuah kebanggaan bagi kami ,atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Pariaman saya ucapkan selamat datang kepada para riders, selamat menikmati jalur yang akan dilalui.

Lebih lanjut, Mardison mengatakan selain sebagai ajang uji nyali dan ketangkasan, kegiatan ini juga dapat mempererat silaturahmi antar sesama pecinta olahraga trail. “Untuk para peserta nikmatilah alam Kota Pariaman, tetap jaga keselamatan dan berhati-hati karena ada beberapa tanjakan yang cukup menantang dibutuhkan skill dan pe­ngalaman,” ujarnya.

“Semoga para Rider semua merasa puas dan nyaman di Kota Pariaman, sejak dari kedatang­an hingga selesai menjajal indahnya alam Kota Pariaman ini ,” ungkap­nya. Banyak doorprise yang disediakan oleh panitia seperti kulkas, mesin cuci, aksesoris trail dan hadiah utama sepeda motor. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top