Menu

Pelaksanaan Lebaran 1440 Hijriah di Kota Tabuik 2019, Cetuskan Program untuk Kemajuan Daerah

  Dibaca : 156 kali
Pelaksanaan Lebaran 1440 Hijriah di Kota Tabuik 2019, Cetuskan Program untuk Kemajuan Daerah
BERWISATA— Wako, wawako, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengunjungi Pulau Angso Duo. (efa nurza/posmetro)

Kota Pariaman – RIBUAN umat muslim ikuti shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di halaman Balaikota Pariaman, baik yang datang dari Pariaman maupun yang datang dari Kabupaten Padangpariaman, serta perantau yang pulang kampung, bertempat di halaman Balaikota Pariaman. Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan hari ini adalah hari Kemenangan bagi umat muslim di seluruh dunia, dimana amal ibadah umat-Nya selama satu bulan penuh di bulan Ramadan kemarin, dapat melebur seluruh dosa-dosa dan mendapatkan kembali Fitri yang hakiki sebagai umat terbaik.

”Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam, karena sebulan penuh umat islam memerangi hawa nafsu. Maka hablum minallah dan hablum minannas harus benar-benar kita imbangkan, kita serasikan, agar kita termasuk orang beriman yang sempurna,” kata Genius Umar.

Wako atas nama Pemerintah Kota Pariaman dan atas nama pribadi mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh masyarakat Kota Pariaman dan para perantau yang pulang kampung, Taqabalallahhuminna Wa Minkum, Minal Aidin Wal Faiizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Genius Umar juga menyampaikan capaian apa saja yang telah diraih Kota Pariaman, baik yang lama maupun ketika dia menjabat sebagai Wali Kota terpilih 2018-2023. Ia juga menyampaikan program kerjanya sesuai dengan visi dan misi serta janji kampanye yang dirinya bersama Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, maju pada Pilkada serentak 2018 yang lalu.

”Program yang telah kami cetuskan seperti Satu Rumah Satu Sarjana, Satu Desa Satu Penyuluh Agama, Pembangunan Pasar Pariaman, Pembangunan lanjutan Water Front City, Pembangunan Youth Center dan GOR serta bersama dengan DPRD membuat Perda Trantibum tentang pemberian sanksi bagi pelaku LGBT,” jelasnya.

Genius Umar juga menyebutkan akan terus melanjutkan program Wajib Belajar 12 Tahun, Bus Sekolah Gratis, pembangunan Mesjid Terapung, Magrib Mengaji, Manunggal Subuh Indah Penuh Berkah (Masih Puber), serta pembangunan infrastuktur yang bermanfaat bagi masyarakat.

”Sesuai dengan visi pembangunan daerah Kota Pariaman yang tertuang di dalam RPJP dan RPJMD, dimana di dalam RPJMD Kota Pariaman 2018-2023 yaitu ’Pariaman Kota Wisata, Perdagangan, Jasa Yang Religius Dan Berbudaya’, sehingga dengan basic tersebut, kami nantinya berharap sampai tahun 2023, Kota Pariaman yang kami cita-citakan, mampu menjadi salah satu daerah destinasi wisata serta perdagangan dan jasa yang berkembang dan diperhitungkan di kawasan regional Sumatera, bahkan sampai di tingkat Indonesia dan mancanegara,” ujarnya.

Malam Takbiran

Pemerintahan Kota Pariaman, menggelar Takbir Keliling, dimana star dan finish dimulai di halaman Balaikota Pariaman, Selasa kemarin.

Takbir Keliling ini, diikuti oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar dan Keluarga, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin dan keluarga, Ketua DPRD, Faisal, Kakan Kemenag Kota Pariaman, M. Nur dan jajaran, Sekdako Pariaman, Indra Sakti, Asisten, Kepala OPD, Kabag, Camat dan Jajaran Pengamanan Takbir keliling oleh Polres Pariaman, Dishub dan Pol PP.

Wali Kota Pariaman, Genius Umat mengatakan dengan berbekal spiritualitas Ramadlan yang baru saja kita lewati, mari kita jadikan hari raya Idul Fitri, untuk menguatkan tekad saling melebur dosa di antara kita dengan saling memaafkan, menguatkan niat untuk menebar kasih sayang dan saling bersilaturrahim.

“Takbir Keliling ini mungkin yang pertama kami adakan setelah beberapa tahun kebelakang, kita hanya mengadakan Takbiran disatu titik saja, seperti Tugu Tabuik dan halaman Balaikota Pariaman ini,” ujarnya.

Genius berharap, dengan adanya Takbir Keliling ini, kita sebagai umat islam, selalu mengucapkan takbir, menyebut nama Allah SWT, dan dapat mendekatkan diri untuk menyapa dan berinteraksi dengan masyarakat.

”Sambil bertakbir keliling, kami juga bisa menyapa masyarakat, dan mencontohkan bahwa Idul Fitri, mesti kita sambut dengan meriah sambil bertakbir,” tukasnya.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat dan perantau untuk melaksanakan Sholat Ied, di halaman Balaikota Pariaman.

”Kami menyambut para perantau yang pulang kampung, untuk dapat menikmati fasilitas, sarana dan pra sarana di tempat objek-objek wisata yang ada di Kota Pariaman, dan juga kami mengimbau, kepada kita dan khususnya para pedagang, dapat melayani dengan baik dengan Sapta Pesonanya, Aman, Tertib, Indah, Bersih, Senyum, Ramah Tamah dan meninggalkan Kenangan,” tutupnya.  (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional