Menu

Pelaksanaan Jambore Kader PKK 2021 di Kota Pariaman, ”Kembangkan Sektor Wisata, Siap Terima Kegiatan Lainnya”

  Dibaca : 281 kali
Pelaksanaan Jambore Kader PKK 2021 di Kota Pariaman, ”Kembangkan Sektor Wisata, Siap Terima Kegiatan Lainnya”
TAMU—Wako Pariaman Genius Umar saat menerima tamu di lokasi objek wisata.

Pelaksanaan ke­giatan jambore kader PKK Ke-XVIII tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021 di Kota Pariaman berlangsung meriah. Kota Pariaman berhasil men­jadi yang terbaik dalam kegiatan PKKse Sumatra Barat tersebut. Wali Kota Pariaman H Genius Umar dan Wakilnya Mardison Mahyuddin langsung me­n­utup kegiatan tersebut setelah berlangsung tiga hari di Pantai Gandoriah Kota Pariaman.

“Kami atas nama Pem­ko Pariaman mengucapan selamat atas terse­leng­garanya kegiatan ini. Mu­dah-mudahan seluruh rang­kaian kegiatan selama 3 (tiga) hari ini dapat men­capai sukses yang diha­rapkan, serta dapat pula hendaknya memberikan manfaat yang besar untuk kesejahteraan seluruh anggota  PKK se Sumatra Barat,” ucap Walikota Pa­riaman Genius Umar, ke­ma­rin.

Genius Umar menye­butkan, dalam kesem­pa­tan ini kami selaku  Pe­merintah Kota Pariaman memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus tim peng­­gerak PKK  di berbagai tingkatan.

Apalagi kegiatan ini telah memprogramkan dengan baik , karena salah satu maksud dari jambore kader PKK ini adalah untuk mempertemukan, dan mem­perkokoh persaudaraan sesama kader. “Sehingga melalui kegiatan ini wa­wasan, pengetahuan, dan persahabatan para kader, sekaligus menciptakan motivasi dan melak­sa­nakan pemberdayaan ke­luarga yang sejahtera,” ujarnya.

Peran PKK merupakan salah satu pendorong dan penggerak yang strategis untuk pembentukan karak­ter dan peningkatan kua­litas keluarga. Selain itu PKK juga memiliki peran untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan me­lalui posyandu di tiap-tiap dusun maupun jorong.

“Apabila kemitraan se­per­ti ini dapat dikem­bang­kan, Insya Allah akan mampu mempercepat pro­gram pemberdayaan masyarakat. Selain itu, dengan kerja keras para Kader Dasawisma, akan mampu memberikan kon­tribusi terhadap penuru­nan Total Fertility Rate (TFR) yang cukup signi­fikan pada Wanita Usia Subur (WUS) dan Pen­cegahan Stunting,” ujar­nya.

Dengan katanya, ada­nya jambore kader PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat ini, kami menilai ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan ini, diantaranya yaitu,  dapat meningkatkan motivasi segenap tim dari jajaran PKK serta OPD yang ter­kait dengan kegiatan ini, dapat memberikan peng­hargaan kepada jajaran TP PKK Kabupaten/Kota, atas prestasi dan kiner­janya yang baik selama ini, dan yang Ketiga, Sebagai bahan evaluasi atas keku­rangan dan kelebihan yang kita miliki dalam melaksanakan program di masyarakat.

Genius Umar  menga­takan diakhir sambu­tan­nya kepada Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ny.Har­neli Mahyeldi, mudah-mudahan bukan hanya kegiatan ini saja dilakukan di Kota Pariaman, akan tetapi apapun jenis ke­giatan Provinsi Sumbar jika mau dilaksanakan disini kami bersedia me­ne­rimanya, karena Kota Pariaman adalah kota tu­juan wisata dan tulang punggung ekonominya adalah pariwisata. D­e­ngan adanya berbagai event di Kota Pariaman juga akan bisa mening­katkan kunjungan wisa­tawan datang ke Kota Pa­ria­man, tentu saja dengan mematuhi protokol kese­hatan covid-19 dengan ketat.

Sementara  Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ny.­Harneli Mahyeldi me­nyam­paikan jambore PKK, yang diselenggarakan di Kota Pariaman sebagai tuan rumahnya, karena Kota Pariaman Kota wisata. “Pariaman kota wisata, dikelilingi oleh pulau-pu­lau yang indah mem­pe­sona, Selamat kepada kader PKK, dengan jam­bore riang gembira,” ujar­nya.

Kemdian  Ketua TP P­KK Kota Pariaman Ny.Lu­cyanel Genius Umar, ke­pada seluruh peserta jam­bore yang datang ke Kota Pariaman. “Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, saya menyam­paikan selamat dan suk­ses kepada kita semua,  atas terselenggaranya Jambore Kader PKK Ta­hun 2021 Tingkat Provinsi Su­matera Barat di Kota Pa­riaman,” ucapnya.

“Berbagai perlo­mbaan yang diadakan sebagai rangkaian acara jambore kader PKK ini, output yang diharapkan adalah, untuk melahirkan  keterampilan dan kreatifitas yang tinggi dari para kader sehingga dapat lebih berdaya dan maju.Memberdayakan ke­luarga dan masyarakat  dengan ibu-ibu kader PKK sebagai motor peng­ge­rak­nya, guna mewujudkan Provinsi Sumatera Barat yang sejahtera untuk se­mua”, terang Ketua TP PKK Kota Pariaman ini,” ujarnya.

“Oleh karena itu, de­ngan adanya berbagai kegiatan lomba, dan di­mak­nai sebagai semangat membangun dalam mem­berdayakan keluarga se­ba­gai pondasi kehidupan, sehingga terwujud ke­luarga yang sejahtera lahir dan bathin. Kegiatan ini juga sebagai persiapan kita dalam mengikuti ajang yang sama di tahun men­datang,” ujarnya.

“Sebagai tuan rumah, kami meminta jadikanlah momen ini sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi diantara kita. Jika ada sesuatu yang kurang pada tempatnya dan sebagai tuan rumah, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” pinta Ny.Lucynel Genius Umar.

Dalam acara penu­tu­pan tersebut juga menam­pilkan kesenian masing-masing daerah di Provinsi Sumatera Barat dalam memeeriahkan jambore kader PKK berprestasi ke XVIII tingkat Provinsi Sumatera Barat. Berbagai penampilan gerak tari, beryanyi dan teatrikal, ditampilkan oleh utusan kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat, untuk menyemarakan rang­kaian dari Jambore Kader PKK berprestasi ke 18, yang digelar di Pentas Utama Pantai Gandoriah, Kota Pariaman ini.

Tampak di mimbar u­ta­ma Ketua TP PKK Pro­vinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi, didam­pingi Wakil Ketua TP PKK Sumbar, Fitria Amelia Audy dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota yang ada di Sum­bar. “Penampilan Kese­nian daerah ini dibawakan oleh kader-kader PKK di tiap daerah, walaupun ada juga pemuda/pemudi yang memang khusus dilatih untuk penampilan pada Jambore PKK kali ini,” ungkap Ny. Harneli Mah­yeldi.

Hal ini menan­dakan­kan keragaman Minang­kabau, walaupun ada ta­rian yang hampir sama, tetapi dari kostum dan gerak tari yang ditam­pilkan berbeda di tiap daerah.

“Semoga dengan pe­nampilan kesenian daerah yang kita tampilkan ini, dapat menyatukan kita bersama etnis Minang­kabau yang ada di Kabu­paten dan Kota, sehingga kita akan semakin kompak dan saling menghormati masing-masing daerah, demi kemajuan Sumatera barat kedepanya,” tutur­nya.

Ny Gubernur Suma­tera Barat ini juga me­ngingatkan kepada selu­ruh peserta dan pengun­jung yang datang di lokasi acara, untuk tetap mema­tuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat, teru­tama memakai masker dan tidak terlalu ber­keru­munan. “Walaupun kita sukses gelar Jambore PKK ini, tetapi kegiatan jam­bore kita ini terus dipantau oleh Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Barat, jangan sampai nanti izin acara kita ini nantinya, dicabut karena tidak me­ngindahkan Prokes yang ketat,” tandasnya meng­akhiri.(***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional