Menu

Pelaksanaan BBGRM Bersama Masyarakat, Desa Rambai makin Tacelak dan Layak Dikunjungi Wisatawan

  Dibaca : 71 kali
Pelaksanaan BBGRM Bersama Masyarakat, Desa Rambai makin Tacelak dan Layak Dikunjungi Wisatawan
BUKA—Plt Wako Mardison Mahyuddin buka kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman
Pelaksanaan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) berjalan sukses di Kota Pariaman. Kali ini dilaksanakan di Desa Rambai, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman dengan tema dengan BBGRM dayagunakan peran lembaga kemasyarakatan membangun desa wisata.

Plt Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin langsung menghadiri acara tersebut didampingi Ketua GOW Kota Pariaman, Ny. Indriati Mardison serta dihadiri Sekretaris DPMDes Kota Pariaman Afwandi, Tokoh Masyarakat Kurai Taji Buya Fuadi Jalil, BPD, LPM, Karang Taruna, Bundo Kanduang, perangkat desa dan masyarakat Desa Rambai.

Kegiatan tersebut diawali dengan pemotongan pita tanda peresmian jalan rabat beton untuk akses lokasi telah kita bangun melalui anggaran desa, yang saat ini baru dibuka jalan sepanjang 350 meter, serta penyerahan secara simbolis peralatan gotong royong masyarakat kepada perwakilan masyarakat Desa Rambai.

Plt. Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, mengatakan BBGRM merupakan suatu gerakan nasional yang telah dicanangkan dan diperingati sejak tahun 2003. BBGRM mampu memperkuat nilai-nilai gotong royong kerja sama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan.

BBRGM juga merupakan momen untuk mengajak menyamakan pandangan Visi dan Misi dengan melakukan hal-hal yang positif, serta meningkatkan daya kreatifitas dan inovatif dalam pengembangan program-program kebijakan Pemko Pariaman bersama Pemerintahan desa yang dapat dicapai melalui Inovasi, Insiatif dan Ketekunan.

“Saya secara pribadi dan mewakili Pemko Pariaman mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kepala Desa Rambai, Adinda Arif Fuady, karena sudah sejak lama ia sampaikan kepada kita di Pemko Pariaman tentang bagaimana menjadikan Desa Rambai ini semakin hari semakin baik, dan ingin menjadikan desa yang terbaik,” ujar Mardison.

Alhamdulillah, sambung Mardison, dengan diadakannya acara BBGRM ini merupakan wujud kerja nyata desa bersama aparatur dan masyarakat yang secara bergotong royong menginginkan untuk membuat sebuah inovasi dan dukungan tentang visi misi Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata demi satu tujuan yakni meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa dan memperindah Desa Rambai ini. “Atas nama Pemko Pariaman, saya mendukung penuh tentang upaya membangun desa Rambai ini yang saya lihat langsung sangat mendapat dukungan penuh dari masyarakat untuk mengangkat potensi desa dan mengelola desa untuk menjadi Desa Wisata,” ungkapnya..

Sementara itu, Kepala Desa Rambai, Arif Fuady menuturkan BBGRM pada kali ini dengan sengaja fokuskan pada persiapan pembangunan lokasi wisata water front city sungai batang mangau tidak lepas dari tantangan dan permasalahan. Namun, tambahnya lagi, dengan anggaran desa yang terbatas tentu pembangunan lokasi wisata ini dapat diselesaikan secepat mungkin, butuh dukungan dari semua pihak agar tujuan pengembangan wisata batang mangau ini membawa berkah dan manfaat untuk perekonomian dan kesejahteraan.

Usai beristirahat dan makan siang bersama masyarakat Desa Rambai Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Plt. Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin lakukan pelepasan bibit ikan mas dan ikan nila ke dalam sungai Batang Mangau.

Bibit-bibit ikan tersebut berjumlah 15 ribu, yang dibeli menggunakan APBD Desa Rambai yang nantinya akan dikelola oleh Bumdes, bibit ikan ini nantinya akan menjadi ikan larangan untuk dipancing sampai batas waktu nantinya ikan tersebut siap untuk dipanen.

Mardison Mahyuddin, kembali sampaikan apresiasinya kepada Kepala Desa Rambai dan perangkat serta niniak mamak, pemuda dan bundo kanduang di Desa Rambai tersebut atas kekompakannya dalam bersinergi bersama-sama membangun desa untuk lebih baik lagi di masa mendatang dan mendukung terus kemajuan Kota Pariaman mulai dari tingkat desa. “Ikan-ikan yang kita tebarkan di sungai Batang Mangau yang melintasi Desa Rambai ini akan menjadi daya tarik tersendiri dan mampu memberikan keindahan dan ke asrian alam lingkungan ini bagi penikmat wisata alam nantinya,” ujar Mardison.

Serta mampu nantinya sebagai daya tarik wisata orang untuk berkunjung ke Kota Pariaman dan khususnya ke Desa Rambai. Jika nanti telah siap untuk dipanen, Mardison sampaikan agar dilakukan dalam sebuah kegiatan mancing mania, yang mana pesertanya tidak berasal dari Kota Pariaman saja, tapi undang juga peserta mancing mania dari luar Kota Pariaman.

“Jika perlu secara nasional kita adakan mancing mania tersebut, agar memicu para pencinta hobi memancing ikan untuk datang ke Kota Pariaman ini, serta menyalurkan hobinya dengan memancing ikan di sungai Batang Mangau ini,” ujarnya.

Kemudian Mardison Mahyuddin saat acara tersebut juga meresmikan jembatan rajang yang merupakan jembatan penghubung antar dusun yang ada di Desa Rambai telah selesai direnovasi total menggunakan APBD Kota Pariaman tahun 2020. Renovasi tersebut merupakan usulan dari masyarakat, lembaga desa, niniak mamak dan aparatur Desa Rambai kepada Pemko Pariaman. Hal tersebut bertujuan karena jembatan rajang tersebut merupakan akses jalan pintas secara cepat untuk penghubung antar dusun di Desa Rambai, yang disebabkan salah satu dusunnya berada di wilayah Kabupaten Padangpariaman yakni Dusun Rimbo Sitapuang.

Mardison menilai, keberadaan jembatan rajang ini bisa menjadi potensi kepariwisataan yang ada di Desa Rambai ini. Karena bentuknya yang indah, alami, dan berada membentangi Sungai Batang Mangau yang airnya begitu jernih dan alamnya begitu sejuk.

Ia meyakini, jika potensi ini mampu dikembangkan oleh Desa Rambai, akan banyak wisatawan yang hendak berkunjung ke Desa Rambai ini. Apalagi, dengan keberadaan Sungai Batang Mangau ini, yang sangat cocok sekali sebagai tempat pemandian bagi penikmat wisata. “Rajang Rambai ini akan dijadikan menjadi ikonnya wisata Desa Rambai,” ujarnya.

Arif sampaikan kepada Pemko Pariaman untuk diberi dukungan kepada Desa Rambai untuk menggali potensi wisata desa dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa serta mengajak masyarakat untuk bersama sama mendukung pembangunan lokasi wisata batang mangau ini dan dapat pula bersama sama menjaga serta memanfaatkannya.

Karena, imbuh Arif, saat ini jika di sore hari, beberapa pengunjung dan wisatawan lokal sudah mulai berkunjung bersama keluarga mereka untuk mandi-mandi di sungai aliran Batang Mangau ini, sehingga hal ini telah membuat masyarakatnya untuk berjualan cemilan-cemilan dan minuman disekitar area tepi Sungai Batang Mangau . (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional