Close

Pelajari Pengembangan Plant Optimizer, PT SBI Benchmarking Layanan Digitalisasi PT Semen Padang

KUNJUNGAN TIM SBI— Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra dan staf ketika menerima tim dari PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) yang melakukan benchmarking dan sharing knowledge di PT Semen Padang, Rabu (20/7).

PADANG, METRO–Tim dari PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) melaksanakan benchmarking dan sharing knowledge untuk melihat inisiatif digitalisasi yang ada di PT Semen Pa­dang, dalam upaya belajar dan menggali layanan  digitalisasi yang dilakukan pa­brik pertama di Asia Tenggara itu.

Kedatangan tim  SBI disambut Direktur Operasi PT Semen Padang  Indrieffouny Indra, didampingi Wakil Kepala Departemen Pemeliharaan,  Hendra Bayu, Kepala Unit Humas, Nur Anita Rahmawati dan Staf Perencanaan & Evaluasi Pemeliharaan, Tonny Elter dan Yanuardi di Ruang Rapat Kantor Bagonjong PT Semen Padang, Rabu (20/7).

Rombongan SBI  di Semen Padang  selama dua hari, (20-21/7) dipimpin oleh Kepala Management & Operation Support, Bisrul Alam­­sjah didampingi Staf Management & Operation Support, Syafril, Staf Corporate Energy & Process, Kholil, Helmi dan Adi Y, Staf Corporate Maintenance, Rudi dan Huda serta Staf Performance Management, Guna­wan dan Natasha.

Direktur Operasi PT Semen Padang, Indrieffouny In­dra pada ke­sem­patan itu  me­ng­ucapkan terima kasih ke­pada Direksi SBI yang telah memilih PT Semen Pa­dang sebagai tempat ben­­chmar­king dan sha­­­ring know­led­ge dalam hal  belajar dan menggali layanan digitalisas pabrik.

“PT Semen Padang de­ngan SDM internal telah  me­ngembangkan dan me­ng­­­implementasikan plant optimizer di pabrik Inda­rung 4 dan 5. Sementara pa­brik Inda­rung 6 menggu­na­kan PXP dari OEM FL­Smidth,­” kata Arif, sapaan akrab Direktur Operasi PT Semen Padang itu.

Ia mengatakan, berdasarkan performance test plant optimizer yang dibuat Semen Padang di Cement Mill pabrik Indarung 4 mem­berikan efisiensi power consumption lebih tinggi di­ban­ding­kan dengan plant opti­mizer buatan OEM di pabrik Indarung 6.

“Untuk pengembangan  plant optimizer di SBI, Semen Padang siap membantu da­lam bentuk replikasi teknologi serta konsultasi,” katanya.

Arif juga mengatakan, kedatangan rombongan SBI bisa sebagai wadah untuk  sharing knowledge demi kemajuan bersama, sehingga dapat mendukung perkembangan sistem otoritas dan digitaslisasi pabrik  di kedua perusahaan, ke depannya.

“Kunjungan SBI ini me­ru­pa­kan tindak lanjut Rapat Koor­dinasi Direktorat Produksi SIG tentang Penerapan Best Practice setiap Opco,” ujarnya.

 Kepala Management & Operation Support SBI,  Bisrul Alamsjah pada  ke­sem­patan itu mengatakan, kedatangannya dan rombongan guna melihat apa saja dalam hal digitalisasi pabrik yang telah dilakukan PT Semen Padang,  karena dari informasi yang di dapat, bahwa disini sudah cukup advance untuk pengembangan digitalisasi dan otorisasi pabrik.

“Kita akan fokus berdiskusi mengenai otoritas dan digitalisasi sistem pa­brik,  seperti advance pro­ses­ control yang dibuat oleh PT Semen Padang secara mandiri, nanti kita coba implementasikan di tempat kita,” ujar Bisrul.

Selain itu, Bisrul juga berharap bisa melihat persiapan PT Semen Padang untuk  menghadapi Sertifi­kasi Industrial Digital 4.0 yang sudah digagas oleh SIG Group, sehingga nanti­nya juga bisa diaplikasikan di SBI.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari Semen Indonesia Group- produsen semen terbesar di Indonesia dan Asia Teng­gara.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Per­se­roan mengoperasikan em­pat pa­brik semen di Na­rogong (Jawa Barat), Ci­la­cap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Ti­mur), dan Lhoknga (Aceh), de­ngan total kapasitas 14,8 ju­ta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2,400 orang. (ren/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top