Close

Pekan Vaksinasi Hari Keempat, 14.823 Warga sudah Divaksin, Agam masih Terendah dalam Capaian Vaksinasi

TINJAU VAKSINASI DI PASIA LAWEH— Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Agam, Rahman memantau langsung pelaksanaan Pekan Vaksinasi di Nagari Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam.

LUBUKBASUNG, METRO–Belasan ribu warga Ka­bupaten Agam mendapatkan penyuntikan vaksin Covid-19 selama empat hari pelaksanaan Pekan Vaksinasi Covid-19 di dae­rah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Hendri Rusdian, M.Kes menyebut, pekan vaksinasi yang digelar sejak empat hari lalu itu telah memvaksinasi sebanyak 14.823 warga setempat. ”Jumlah tersebut merupakan akumulasi total warga yang divaksin sejak empat hari lalu di 23 puskesmas yang ada di Kabupaten Agam,” ujarnya, Jumat (29/10).

  1. Hendri Rusdian merinci, sebanyak 1.923 warga divaksin pada hari pertama, 3.788 warga pada hari kedua, 4.110 warga pada hari ketiga.

Pada Pekan Vaksinasi Covid-19 hari keempat yang digelar Kamis (28/10) kemarin, total warga Agam yang divaksin terus me­ningkat yakni sebanyak 5.002 warga. Dirinci lebih lanjut, warga yang divaksin pada hari keempat di Pus­kesmas Kapau sebanyak 219 orang, Puskesmas Ba­wan 63 orang, Puskesmas Malalak 76 orang, Puskesmas Lubuk Basung 150 o­rang, Puskesmas Muaro Putuih 66 orang.

Lalu Puskesmas Magek 508 orang, Puskesmas IV Koto 115 orang, Puskesmas Lasi 257 orang, Puskesmas Koto Alam 573 orang, Pus­kesmas Padang Lua 518 orang, Puskesmas Matur 109 orang, Puskesmas Mang­­gopoh 183 orang, Puskesmas Sungai Pua 90 orang, Puskesmas Palupuah 230 orang.

Selanjutnya di Puskesmas Biaro warga yang divaksin sebanyak 265 orang, Puskesmas Padang Tarok 167 orang, Puskesmas Ma­ninjau 200 orang, Puskesmas Pasar Ahad 203 orang, Puskesmas Baso 518 o­rang.

“Di Puskesmas Palembayan tim memvaksin sebanyak 271 orang, Puskesmas Tiku 18 orang, Puskesmas Batu Kambing 116 o­rang dan Puskesmas Pakan Kamis sebanyak 87 orang,” sebutnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten A­gam akan terus memperluas cakupan vaksinasi Covid-19. Pihaknya berharap dapat mempercepat program vaksinasi yang dilakukan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid 19, khususnya di Kabupaten Agam.

“Kami imbau seluruh masyarakat untuk dapat juga berperan aktif dalam upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19 ini. Selain menjalankan protokol kesehatan de­ngan baik yaitu melaksanakan Vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Tim II Tinjau Nagari Pasia Laweh

Sementara itu, Pemerintah Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, menggelar pekan vaksinasi dalam rangka percepatan herd imunity di Kantor Walinagari Pa­sie Laweh, Kamis (28/10). Vaksinasi yang dilaksanakan tersebut dipantau langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Agam, Rahman.

Rahman menyebutkan, vaksinasi ini digelar dalam rangka percepatan herd imunity di agam, dimana Agam masih berada di posisi paling ba­wah untuk vaksinasi Co­vid-19. ”Kabupaten A­gam masih rendah capaian vaksinasinya, sehingga kita masih berada di posisi bawah. Melalui pekan vaksnasi ini Insya allah peringkat ini dapat diperbaiki,” ujar Rahman.

Sementara itu, Hasrizal, Camat Palupuh me­nyebutkan jumlah ma­syarakat yang sudah men­daftar untuk vaksinasi di nagari pasia laweh pada hari ini sudah terdaftar sebanyak 234 orang, dan yang sudah divaksinasi sebanyak 92 orang. Ia menyampaikan jumlah ma­syarakat yang akan divaksin hari ini dipastikan akan bertambah karena ia melihat masyarakat di Nagari Pasia Laweh sangat antusias dalam menyambut vaksinasi yang dilakukan di kantor walinagari ini.

Data yang diperoleh, vaksin yang disediakan jenis Sinovac, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Karena masih banyaknya persediaan vaksin di pus­kesmas Palupuh, vaksinasi ini dilaksanakan tanpa ada batas jumlah dosis vaksin.

“Kita tidak membatasi jumlah masyarakat yang akan vaksin, berapapun jumlah masyarakat yang ingin melaksanakan vaksin akan kami layani”, ujar Camat.

Bhabinkamtibmas Nagari Pasia Laweh, M. Saad menyebutkan, vaksinasi yang dilaksanakan di kecamatan Palupuah ini dilaksanakan di seluruh nagari di Kecamatan Palupuah dan akan segera dilaksa­nakan di setiap Jorong yang ada di Kecamatan Palupuh.

“Mulai pekan depan kita akan laksanakan vaksinasi di tingkat Jorong”, sebut M. Saad. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top