Menu

Pekan Depan, Madrasah Aliyah Gelar UM

  Dibaca : 106 kali
Pekan Depan, Madrasah Aliyah Gelar UM
Edy Oktafiandi, Kakan Kemenag Agam

AGAM, METRO
Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Agam, mulai melaksanakan Ujian Madrasah (UM) pekan depan. Kakan Kemenag Agam, Edy Oktafiandi, mengatakan, nilai hasil UM ini salah satu syarat kelulusan bagi siswa, karena tahun ini ditiadakannya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dampak pandemi Covid-19.

”UM untuk MA mulai digelar 29 Maret sampai 10 April 2021, kemudian dilanjutkan tingkatan MTs dan MI,” ujar Edy.

Selain nilai ujian madrasah, menurutnya yang jadi syarat lain untuk kelulusan yaitu menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19, yang dibuktikan dengan nilai rapor tiap semester. Kemudian memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik.

”Soal ujian setiap sekolah berbeda-beda, karena dibuat oleh sekolah bersangkutan. Yang diseragamkan hanya penyusunan kisi-kisi soal dan tetap dipandu Kantor Kemenag,” sebut Edy.

Dalam pembuatan soal, terangnya, satu orang perwakilan MI, MTs dan MA telah dilatih Kanwil Kemenag Sumbar. Bahkan, pihaknya juga sudah mensosialisasikannya ke madrasah tentang pembuatan soal tersebut.

”Ujian dilakukan dengan tatap muka dengan sistem shift. Meski begitu, tidak akan ada kebocoran soal karena soal untuk shift pertama akan berbeda dengan shift kedua,” jelasnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional