Menu

Peduli UMKM, Telkom Sumbar Salurkan Rp1,4 M ke 62 Binaan

  Dibaca : 502 kali
Peduli UMKM, Telkom Sumbar Salurkan Rp1,4 M ke 62 Binaan
FOTO BERSAMA— Usai meresmikan Patung Rabab, Bupati Hendrajoni foto bersama.
telkom sumbar -- web

Penerima dana UMKM dari Telkom berfoto dengan manajemen PT Telkom Witel Sumbar.

PADANG, METRO–Memasuki  Triwulan III tahun 2015, kembali Telkom Sumbar menunjukkan tanggung jawab sosial bagi lingkungannya dengan memberdayakan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di bidang industri, jasa, perdagangan, pertanian dan peternakan melalui program kemitraan di Sumatera Barat.

Besaran dana yang disalurkan dalam kesempatan kali ini sebesar Rp1.403. 000.000 dan diberikan kepada 62 mitra binaan berasal dari 5 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Sejak tahun 2002 sampai dengan sekarang, Telkom secara rutin dan konsisten setiap Triwulan selalu menggelontorkan dana bantuan dalam membantu pemberdayaan UKM.

Total dana yang disalurkan mulai tahun 2002 untuk wilayah Sumatera Barat sudah lebih dari Rp 51,8 miliar. Dana ini diharapkan mampu menggerakkan UKM dan dengan demikian maka pertambahan lapangan kerja akan semakin terbuka dan akhirnya diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawannya.

GM Witel Sumbar, Muskab Muzakkar dalam sambutannya pada acara penyerahan Dana Program Kemitraan Telkom di kantor Telkom Padang Baru, Selasa (29/9) kemarin menyebut, persoalan yang paling krusial untuk mengentaskan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah kurangnya keterampilan dan terbatasnya modal.

Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi merah-putih yang menyadari tanggung jawab sosialnya dan menunjukan peran good corporate citizenship-nya melalui program kemitraan dan bina lingkungan. Program kemitraan dimaksud adalah menggelontorkan dana pinjaman lunak dengan jangka waktu pinjaman selama dua tahun dan  jasa administrasi hanya 6 persen pertahun yang diperuntukkan untuk memodali atau menambah modal UKM setempat.

Sementara program bina lingkungan diwujudkan dalam bentuk mengadakan pelatihan-pelatihan, bantuan sarana pendidikan, perbaikan/pembuatan sarana umum dan ibadah. Bantuan untuk korban bencana alam, penyediaan bahan makanan pokok, pengobatan dan pembinaan lingkungan hidup.

Untuk program bina lingkungan sampai saat ini telkom sumbar sudah menggelontorkan total dana sebesar Rp6,7 miliar. Lebih lanjut, Muskab Muzakkar juga menyampaikan bahwa program kemitraan ini adalah penyediaan dana bergulir. Artinya, hasil pengembalian dana ini akan digulirkan lagi bagi ukm lain yang membutuhkan untuk mengembangkan usahanya.

Oleh karenanya, para mitra binaan diharapkan serius mengembangkan bidang usahanya dan rutin melakukan pembayaran cicilannya. (age)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional