Close

Peduli Pendidikan, Pemkab Solsel Bagikan Seragam Gratis

FOTO BERSAMA—Bupati Solok Selatan H Khairunas foto bersama usai bagikan seragam gratis kepada sejumlah siswa.

PADANG ARO, METRO–Peningkatan mutu dan pengembangan sumber da­ya manusia bidang pendidikan merupakan salah satu prioritas pemerintah daerah. Salah satu upayanya adalah dengan pembagian seragam sekolah gratis untuk siswa peserta didik baru.

Sejak diluncurkan pada Tahun 2021 lalu, program seragam sekolah gratis untuk siswa peserta didik baru terus berlanjut pada Tahun 2022. Sebanyak 5.282 orang siswa baru akan mendapatkan seragam gra­tis secara bertahap dari pemerintah kabupaten.

Pemkab Solok Selatan bertahap telah mulai men­distribusikan seragam sekolah gratis untuk siswa peserta didik baru SD/SMP. Secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Solok Selatan, Khairunas bersama Wabup, Yulian Efi, Sekdakab dan Forkopimda di SMPN 14 Solok Selatan di Sungai Lambai.

Bupati, Khairunas mengatakan pemberian seragam gratis adalah upaya pemerintah kabupaten untuk meringankan beban para orang tua dan juga sebagai motivasi bagi sis­wa siswi di – Solok Selatan. ‘’Program seragam gratis bertujuan untuk meringankan beban orang tua dan juga sebagai motivasi bagi anak-anak kami, untuk terus belajar dan menimba pendidikan karena me­re­ka adalah generasi pene­rus yang harus dipersiapkan dari seka­rang’’, ungkap Bupati pada kegiatan pembagian seragam seko­lah gratis SD/SMP Negeri se Kecamatan Sangir pada, Selasa (20/09).

Selain itu, program seragam sekolah gratis juga merupakan bentuk komitmen pemerintah kabupaten dalam merealisasikan visi dan misi dibawah ke­pemimpinan Bupati H Khairunas dan Wakil Bupati H Yulian Efi sebagaimana yang telah tertuang dalam APBD Solok Selatan. Ia juga mengajak seluruh elemen terkait untuk bekerjasama, mensukseskan dan berupaya untuk memajukan pendidikan di Solok Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan, Syamsuria mengatakan pembagian seragam sekolah gratis akan dibagikan pada semua kecamatan lainnya di Solok Selatan mulai siswa SD, SMP, SMA dan sekolah madrasah.

‘’Kegiatan ini merupakan minggu pertama dilaksanakan di Kecamatan Sangir, hari Kamis akan dibagikan pada Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. Dan seterusnya akan dibagikan pada semua kecamatan’’, katanya

Pada kesempatan yang sama pemerintah juga berikan penghargaan kepada Aditya Prastio dan Yoga Zulianda yang merupakan siswa-siswi SMPN 14 Solok Selatan atas prestasinya memperoleh medali emas pada lomba Bahasa inggris dan bidang IPS pada  ajang olimpiade bulan lalu. Selain itu, melalui Baznas Solok Selatan juga berikan bantuan beasiswa pendidikan dan konsumtif lansia.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Wabup H Yulian Efi, Sekdakab, Asisten, Staf Ahli, Forkopimda dan Kepala OPD. Dan juga disaksikan oleh Kepala Sekolah SD/SMP se-Kecamatan Sangir, guru dan wali murid. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top